Analisis Manajemen Di Sekolah Berbasis Islami
Islam, Manajemen, Pendidikan
Keywords:
Islam, Manajemen, PendidikanAbstract
Manajemen Pendidikan Islam adalah suatu proses penataan/pengelolaan lembaga pendidikan Islam yang melibatkan seluruh sumber daya yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen berbasis sekolah Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan, metode analisis yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, manajemen pendidikan Islam adalah suatu proses pengelolaan lembaga pendidikan Islam secara Islami dengan mengelola sumber belajar dan hal-hal lain yang terkait untuk mencapai tujuan pendidikan Islam secara efektif dan efisien. Kedua, manajemen yang baik adalah manajemen yang mempunyai konsep dan sesuai dengan objek dan lokasi organisasi. Proses pengelolaan merupakan suatu kegiatan yang melingkar, dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, hingga pengawasan. Ketiga, prinsip dasar Manajemen Pendidikan Islam memuat berbagai prinsip umum yang fleksibel sehingga sejalan dengan kemajuan dan perkembangan yang baik. Keempat, secara umum manajemen pendidikan Islam merupakan upaya regulasi yang mengacu pada aspek kelembagaan lembaga pendidikan Islam, struktur informasi, personalia, aspek teknis dan lingkungan.
References
Ahyani, H., Abduloh, A. Y., & Tobroni. (2021). Prinsip-Prinsip Dasar Manajemen Pendidikan Islam Dalam Al-Quran. Jurnal Islamic Education Manajemen, 6(1), 37–46.
Akhmad. (2016). Manajemen Sekolah Dasar Islam Terpadu. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1–8.
Annisyaroh, S. (2022). Prinsip-Prinsip Dasar Manajemen Pendidikan Islam Perspektif Qur’an Hadits. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(01), 111. Https://Doi.Org/10.30868/Im.V5i01.1842
Halid, W. (2022). Konsep Dan Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Mahasantri, 3(1), 596–607.
Juliadarma, M. (2020). Studi Komparatif Manajemen Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Barat. Dirasah, 4(1), 71–88.
Liriwati, F. Y., Syahid, A., & Mulyadi. (2021). Manajemen Sekolah Menuju Sekolah Unggulan. Al-Afkar: Jurnal Keislaman Dan Peradaban, 9(1), 1–11.
Listiowaty, E. (2020). Konsep Manajemen Pendidikan Berbasis Islam Dalam Upaya Pencapaian Tujuan Pendidikan. Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 106–116.
Mansyur. (2020). Konsep Dasar Manajemen Pendidikan Islam. El-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 25–35.
Maulida, N. Z., & Rohmah, N. D. (2022). Manajemen Strategis Sekolah Unggulan Berbasis Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 4(1), 17–30.
Miza, N. A., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Jurnal Edumaspul, 6(1).
Rahmah, S., & Zulkhairi, Z. (2019). Analisis Konsep-Konsep Dasar Manajemen Berbasis Al-Qur’an Dan Relevansinya Dengan Manajemen Pendidikan Islam. Pionir :Jurnal Pendidikan, 8(1).
Ritonga, A. A., Khurniawan, D., Nazri, E., Ansyari, R., & Lubis, Q. (2021). Prinsip-Prinsip Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10603–10607.
Sari, N., & Hanafiah, N. A. (2014). Manajemen Pendidikan Dalam Upaya Pembentukan Karakter. Iemj: Islamic Education Managemen Journal, 1(2), 113–125.
Syaban, M. (2019). Konsep Dasar Manajemen Pendidikan Islam. Al-Wardah, 12(2), 131. Https://Doi.Org/10.46339/Al-Wardah.V12i2.141
Zaini, A. A. (2015). Urgensi Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Ummul Qura, V(1), 24–37.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Netty Zakiah, Dody Yogaswara, Muhammad Sidik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




