Impelemntasi Manajemen Perkantoran Dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Pendidikan
Administrasi Pendidikan, Manajemen Perkantoran, Pelayanan Administrasi
Keywords:
Administrasi Pendidikan, Manajemen Perkantoran, Pelayanan AdministrasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi implementasi manajemen perkantoran dalam meningkatkan pelayanan administrasi pendidikan di lingkungan sekolah menengah. Manajemen perkantoran didefinisikan sebagai serangkaian proses dan kegiatan yang terorganisir untuk mengelola administrasi sekolah secara efisien dan efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus sebagai metode penelitian, melibatkan observasi, wawancara, dan analisis dokumen untuk mengumpulkan data dari sekolah yang telah menerapkan manajemen perkantoran secara efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen perkantoran memiliki dampak positif dalam meningkatkan pelayanan administrasi pendidikan di sekolah. Ditemukan bahwa adopsi praktik-praktik manajemen perkantoran yang baik telah meningkatkan efisiensi dalam proses administrasi, mempercepat respon terhadap permintaan siswa, orang tua, dan staf sekolah, serta meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan administrasi. Pembahasan penelitian ini menyoroti pentingnya penerapan prinsip-prinsip manajemen perkantoran yang efektif, termasuk penggunaan teknologi informasi, pelatihan staf administrasi, dan pengembangan prosedur administrasi yang jelas dan terstruktur. Implikasi penelitian ini adalah perlunya dukungan dan komitmen dari manajemen sekolah serta investasi dalam pengembangan kapasitas staf administrasi untuk meningkatkan pelayanan administrasi pendidikan yang berkualitas. Kesimpulannya, penelitian ini menegaskan bahwa implementasi manajemen perkantoran dapat menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan pelayanan administrasi pendidikan di sekolah menengah, dengan potensi untuk meningkatkan efisiensi, responsivitas, dan akuntabilitas dalam pengelolaan administrasi sekolah.
References
Abdussamad, Yuriko. “Sistem Pelayanan Administrasi.” (Jurnal) Dosen Fakultas Ekonomi
Amin, Muhammad Sakowi. “Tata Usaha dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Siswa di MTs Nahdlatusy Syubban Sayung Demak”. Skiripsi. Semarang: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo, 2015.
Amsyah, Zulkifli. Manajemen Kearsipan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2001.
Astuti. “Peran Manajemen Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Siswa Madrasah Aliyah Muhammadiya Palampang Bulukumba”. Skripsi. Makassar: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar, 2017.
Barthos Basir, Manajemen Keardipan: untuk Lembaga Negara, swasta, dan perguruan tinggi. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2016.
Burhanuddin, Yusak. Administrasi Pendidikan untuk Fakultas Tarbiyah Komponen MKDK. Bandung: Pustaka Setia, 2005.
Daryanto. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. 2012.
Donni Juni Priansa dan Agus Garnida. Manajemen Perkantoran: efektif, efisien dan professional. Bandung: Alfabeta, 2013.
Engkoswara dan Aan Komariah. Administrasi Pendidikan. Cet. 3; Bandung: CV Alfabeta, 2012.
Furchan, Arif. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.
Fauzan Ahmad Siregar. Implementasi Manajemen Perkantoran Modern di Sekolah
Mas Amaliyah Sunggal. Vol.24 No. 2, (Juli-Desember 2017).
Gie, The liang. Administrasi Perkantoran Modern. Yogyakarta: Liberty, 2000.
Gunawan, Imam dan Djum Djum Noor Benty. Manajemen Pendidikan Suatu Pengantar Praktik. Cet. I; Bandung: Alfabeta, 2017.
Idris, Ridwan. Manajemen Pendidikan dalam aplikasinya di sekolah. Makassar: Alauddin University Press, 2014.
Karmila, Mila dan Sartibi Bin Hasyim. “Pengaruh Manajemen Perkantoran Terhadap Kinerja Pegawai di Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Garut”. Universitas Garut, vol. 7 no. 2, 2016. Kementrian Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: PT Dharma Karsa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Zainur Rozzaqiyah, Elvina, Uswatun Hasanah, Tengku Darmansah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.