PSIKOLOGI MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN

Authors

  • Muhammad Walimsyah Sitorus Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Ittihadiyah Labuhanbatu Utara
  • Dian Fahmi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Sintiya Anggraini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Hafiza Tasya Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Lutfiah Azhar Nst Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Keywords:

Psikologi, Manajemen, Mutu Pendidikan

Abstract

Psikologi manajemen merupakan suatu studi mengenai tingkah laku insan yg terlibat pada proses manajemen dalam rangka melaksanakan funsi-fungsi manajemen dalam mencapai tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya. Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang jiwa, baik mengenai macam-macam gejalanya, prosesnya, maupun latar belakangnya. Dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, kita tidak bisa lepas dari masalah kejiwaan. Kejiwaan seseorang mempengaruhi cara seseorang bergaul, bersikap serta mengambil keputusan. Maka dari itu kita harus mengetahui apa itu psikologi secara mendalam agar kita dapat mengatur dan mengontrol diri kita sendiri agar bisa menjadi manusia ideal. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui tentang psikologi manajemen dalam meningkatkan mutu pendidikan. Secara khusus tujuan dari penelitian ini untuk menjawab permasalahan seperti bagaimana peran psikologi manajemen dalam meningkatkan mutu pendidikan. Tujuan psikologi manajemen dalam meningkatkan mutu pendidikan. Pertimbangan psikologi manajemen dalam meningkatkan mutu pendidikan. ​upaya-upaya yang dilakukan psikologi manajemen dalam meningkatkan mutu pendidikan.

References

Abu Ahmadi dan Munawar Sholeh, 2005, Psikologi Perkembangan, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Edward Sallis, 2012, Total Quality Management in Education, Yogyakarta: IRCiSoD.

Fandy Tjiptono, Anastasia Diana, 2001, Total Quality Management, Cet. Ke-1, Yogyakarta: Andi.

M. Anton Athoillah, 2010, Dasar-dasar Manajemen, Bandung: Pustaka Setia.

M. Dalyono, 2007, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Muhibbin Syah, 2008, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mustaqim, 2010, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Nana Syaodih Sukmadinata, et.al., 2006, Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah (Konsep, Prinsip, dan Instrumen), Bandung: Refika Aditama .

Sudarwan Danim, 2006, Visi Baru Manajemen Sekolah dari Unit .

Birokrasi ke Lembaga Akademik, Jakarta: Bumi Aksara .

Sumadi Suryabrata, 2005, Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Wina Sanjaya, 2006, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

Downloads

Published

2022-07-04