Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan Islam Melalui Total Quality Management
Manajemen Mutu, Pendidikan Islam, Total Quality Management
Keywords:
Manajemen Mutu, Pendidikan Islam, Total Quality ManagementAbstract
Masalah kualitas selalu berdampak pada daya jual institusi pendidikan. Keberhasilan dan reputasi institusi sangat bergantung pada kualitas pengajaran, infrastruk dan fasilitas, layanan dukungan, guru dan siswa, dan hasil pembelajaran. Kajian ini bermaksud menunjukkan bagaimana meningkatkan mutu manajemen mutu Manajemem Pendidikan Islam melalui Total Quality Manajemen. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode penelitian studi Pustaka, dimana data didapatkan dari buku, jurnal internet dan semua data yang dapat memenuhi temuan penelitian. Setelah mengumpulkan, menyajikan, dan mengevaluasi data, Mutu pendidikan merupakan proses pembelajaran, pembelajaran, dan hasil belajar. Pendidikan bermutu tinggi bila memenuhi kebutuhan semua pihak, jika semua pihak yang berhubungan dalam Pendidikan bermutu tinggi seperti sumberdaya manusianya dan semua sarana dan prasarana pendukung Pendidikan. Implementasi TQM bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Lembaga pendidikan Islam yang unggul akan selalu mempertahankan ikatan komunitas dan meningkatkan mutu sumberdaya yang lebih berkualitas. Dengan menerapkan TQM, mutu Pendidikan akan dapat terwujud.
References
Azhar, C. (2017). “Manajemen pengembangan pendidikan Islam perspektif al-Quran”. Tarjih: Jurnal Tarjih Dan Pengembangan Pemikiran Islam, 14(1), 1-18.
Baro'ah, S. (2020). “Kebijakan merdeka belajar sebagai strategi peningkatan mutu Pendidikan”. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1063-1073.
Dali, Z. (2017). Manajemen Mutu Madrasah (Vol. 1). Pustaka Pelajar.
Fadriati, F. (2019). “Model Total Quality Management Pada Lembaga Pendidikan Islam”. Proceeding IAIN Batusangkar, 3(1), 117-124.
Ginanjar, M. H. (2017). “Tantangan dan Peluang Lembaga Pendidikan Islam di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)”. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 4(08), 17.
Hadi, S. (2020). “Model Pengembangan Mutu Di Lembaga Pendidikan”. Pensa, 2(3), 321-347.
Iflaha, N., & Sudarsono, S. (2022). “Penerapan Konsep Deming Sebagai Upaya Pengembangan Mutu Pendidikan Di MA Darussalam Jember”. Widya Balina, 7(2), 500-509.
Kadarisman, M. (2017). “Tantangan Perguruan Tinggi dalam Era Persaingan Global”. Sociae Polites, 3-20.
Kuntoro, A. T. (2019). “Manajemen Mutu Pendidikan Islam”. Jurnal Kependidikan, 7(1), 84-97.
Kurniyati, E. (2019). “Implementasi konsep manajemen mutu pendidikan perpsektif pendidikan Islam”. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, 15(1).
Mubarok, R. (2019). “Pelaksanaan Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam”. Al-Rabwah, 13(01), 27-44.
Mulyadi, M. (2020). “Upaya Peningkatan Kualitas Manajerial Lembaga Pendidikan Islam Melalui TQM”. Zahra: Research And Tought Elementary School Of Islam Journal, 1(1), 49-57.
Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Bumi Aksara.
Nasution, M. H. (2019). “Manajemen Mutu Terpadu (MMT) Dalam Pendidikan Islam”. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 4(2), "228-248.
Nugroho, M. A. E. (2021). “Manajemen Pondok Pesantren Salaf dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Pendidikan Islam”. Jurnal Ilmiah Nizamia, 3(3).
Pakpahan, M., Amruddin, A., Sihombing, R. M., Siagian, V., Kuswandi, S., Arifin, R., ... & Aswan, N. (2022). Metodologi Penelitian. Yayasan Kita Menulis.
Prihantini, M. P., Kadiyo, H., Sariani, N., Rahayu, R., Hilir, A., Kom, S., ... & Dalimunthe, B. (2022). “Kepemimpinan Kepala Sekolah: Dalam Pembinaan Nilai, Moral dan Karakter Kepatuhan Peserta Didik”. Edu Publisher.
Rahman, A. (2017). “Efisiensi Dalam Pembiayaan Pendidikan Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan”. Eklektika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Pendidikan, 5(2), 87-102.
Simanjuntak, H., Nainggolan, J., Tampubolon, S., Hasibuan, R., & Mian Siahaan, M. M. (2022). Strategi Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah Dasar. Penerbit Qiara Media.
Siregar, A. Z., & Harahap, N. 2019. Strategi dan teknik penulisan karya tulis ilmiah dan publikasi. Deepublish.
Sormin, D. (2021). Manajemen Mutu Guru. umsu press.
Subawa, P. (2018). “Mencetak Lulusan Yang Berkarakter Dan Berkualitas”. Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya, 2(1).
Sulasmi, E., Akrim, A., & Gunawan, G. (2019). Konsep Pendidikan Humanis Dalam Pengelolaan Pendidikan Di Indonesia. Kumpulan Buku Dosen, 1(1).
Susanto, P., & Sekolah, P. (2016). Teori dan Praktik di Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Syarifah, L. S. (2020). “Implementasi Total Quality Management (TQM) di Pesantren” Jurnal At-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan, 30(1), 93-112.
Toatubun, F. A., & Rijal, M. (2018). Professionalitas dan mutu pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.
Umar, M., & Ismail, F. (2018). “Peningkatan mutu lembaga pendidikan ISLAM (Tinjauan konsep mutu Edward Deming dan Joseph Juran)”. Jurnal Ilmiah Iqra', 11(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Putri Syahri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




