Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Marfu’ah Palembang
Madrasah, Pelaksanaan, Program Tahfidz Al-Qur’an
Keywords:
Madrasah, Pelaksanaan, Program Tahfidz Al-Qur’an.Abstract
Penelitian ini membahas mengenai “Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an di MTs Marfu’ah Palembang”. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an di MTs Marfu’ah Palembang dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an di MTs Marfu’ah Palembang. Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, pembina tahfidz dan siswa/siswi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an di MTs Marfu’ah Palembang berjalan cukup baik, dilihat dari indikator pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an yaitu adanya pengarahan, motivasi, koordinasi dan komunikasi dalam melakukan sosialisasi program tahfidz Al-Qur’an, bimbingan hafalan program tahfidz Al-Qur’an dan evaluasi hafalan dalam program tahfidz Al-Qur’an. Adapun faktor pendukungnya yaitu sarana prasarana yang memadai dan adanya piagam atau reward. Adapun faktor penghambatnya yaitu kurangnya guru pembimbing tahfidz dan waktu yang terbatas.
References
Aditia, Muhammad Rizqi dkk. (2023). The Hafiz Pelatihan Peningkatan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Santri Rumah Tahfidz Cahaya Qur’an An-Nahl Melalui Pemanfaatan Aplikasi Berbasis Website. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6 (2).
Andrias dkk. (2023). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Selat Media Patners.
Anggono, Alexander. (2021). Akuntansi Manajemen pada Entitas Publik. Jawa Barat: CV. Adanu Abimata.
Arsana, Putu Jati. (2016). Manajemen Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintahan. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Assegaf, Sakinah. (2020). Meraih Prestasi Belajar dengan Tahfidz Al-Qur’an Tinjauan Sekolah Islam di Jakarta. A-Empat.
Caswita. (2021). Manajemen Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Fachrudin, Yudhi. (2019). Model Pembinaan Tahfidz Al-Qur’an di Pesantren Tahfidz Daarul Qur’an Tangerang, Dirasah Vol. 2.
Hasan, Farid. (2020). Makana Ayat-Ayat Al-Qur’an dalam Fenomena Penyembuhan Kesurupan (Studi Living Qur’an pada Kesenian Kubrosiswp Bintang Mudo di Pringsurat Temanggung). Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Mayarakat (LP2M), IAIN Salatiga.
Hutagalung, Simon Sumanjoyo dan Dedy Hermawan. (2018). Membangun Inovasi Pemerintah Daerah. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Ibrahim, Azharsyah. (2021). Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis Islam. Banda Aceh: Ar-Raniry Press.
Indrati, Luluk. (2020). Manajemen Pembelajaran. Tulungagung: Guepedia.
Inniyah, Sitti. (2023). Pelaksanaan Kebijakan Program Sekolah Ramah Anak pada Sekolah Menengah Pertama. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.
Mahmud, Hilal. (2015). Administrasi Pendidikan (Menuju Sekolah Efektif). Sulawesi Selatan: Aksara Timur.
Maimun, Lahib. (2016). Islamic Studies & Character Building. Pemalang: Penerbit NEM.
Masturin. (2022). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural. Semarang: CV Lawwana.
Moeleong, Lexy J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyani, Dewi dkk. (2018). Al-Qur’an Literacy for Early Childhood with Storytelling Techniques. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 2 (2).
Nurlaila. (2018). Pedoman Pelaksanaan Program Tahfidz. UIN Raden Fatah Palembang.
Ramadhan, Muhammad. (2021). Metode Penelitian. Surabaya: IKAPI.
Rusmaini. (2017). Ilmu Pendidikan Islam. Palembang: Grafika Telindo Press.
Salim dan Hadir. (2019). Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sihu, Made. (2022). Upaya Sekolah dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an di SMPIPBATUL, MAAL. Jurnal Andragogi 4 (3).
Syafril dan Zelhendri Zen. (2017). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Depok: Kencana.
Zuhairi. (2016). Pedoman Penulis Karya Ilmiah. Jakarta: Rajawali Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 A. Aditya Hesti Putri, Zulkipli, Febriyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




