Peranan Manajemen Organisasi Pendidikan Dalam Membentuk Minat Belajar Siswa

Manajemen, Pendidikan, Peranan

Authors

  • Az-zahra Juro Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Firda Aulia Mawaddah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Putri Amelia Lubis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Pandi akbar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Radhna Keumala Rangkuti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Inom Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan

Keywords:

Manajemen, Pendidikan, Peranan

Abstract

Minat belajar merupakan pendorong dari dalam diri individu untuk berperilaku kegiatan belajar untuk menambah pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman. Minat ini tumbuh karena adanya keinginan untuk mengetahui dan memahami sesuatu itu mendorong dan mengarahkan pembelajarannya. Minat belajar adalah kecenderungan siswa untuk berperilaku kegiatan belajar yang didorong oleh keinginan untuk mencapai hasil yang terbaik hasil belajar. Berdasarkan definisi dari para ahli bisa saja menyimpulkan bahwa minat belajar merupakan energi yang mendorong seseorang untuk belajar mencapai tujuan pembelajaran. Minat belajar tidak hanya bergantung pada kemampuan, tetapi juga tergantung pada apakah seseorang memilih tujuan penguasaan (learning tujuan), yang fokusnya adalah mempelajari suatu kemampuan baru dengan baik; atau kinerja tujuan yang fokusnya adalah menunjukkan atau menunjukkan kemampuan kita kepada orang lain. Pendidikan memerlukan manajemen untuk membantu berjalan secara efektif. Manajemen itu sangat penting dalam sebuah organisasi pendidikan, karena dari situ kita merumuskan tujuan, membagi sektor, mengeksekusi rencana, serta mengevaluasi sebuah tindakan, mengenai dalam hal ini yaitu pendidikan. Oleh karena manajemen organisasi bidang pendidikan itu sangat penting, maka sudah sepantasnya kita mempelajari hal tersebut.

References

Malayu S.P Hisibuan, Manajemen: Dasar, Pertimbangan, dan Masalah, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011), hlm. 2

Musfirotun Yusuf, Manajemen Pendidikan, (Pekalongan: STAIN Pekalongan Press, 2012), hlm.1

Nanang Fattah, Manajemen Pendidikan (Jojakarta: Ar-Ruzz Media, 2012), hlm. 123.

Rifa’i, Muhammad, 2019. Manajemen Organisasi Pendidikan. Malang: Humanisme Media Publishing.

Stephen A. Douglas, 1963. Political Socialization and Students Activism in Indonesia Jakarta: Bina Cipta, hlm. 13-17

Sudjana, manajemen Program Pendidikan, (Bandung: Falah Production, 2004), hlm. 17

Syafaruddin, 2015. Manajemen Organisasi Pendidikan Perspektif Sains dan Islam. Medan: Perdana Publishing. Website: https://rumaysho.com/4959-pendidikan-agama-sejak-dini.html diakses pada tanggal 25 Mei 2021. https://www.kompasiana.com/amp/davinhd/pentingnya-manajemenpendidikan-di- institusi-pendidikan_54f9931fa333110b568b4596

Anggraini, F. L., Fattah, H. & Syamsul, H. (2018). Partisipasi Komite Sekolah partisipasi komite sekolah pada Kegiatan Ekstrakurikuler. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 3(5): 544-551.

Burhanudin, M. A., Totok, S. F., & Subagyo. (2018). Implementation of Integrated Quality Management in Improving The Quality of Education at Madrasah Aliyah Raudlatul Ulum. Educational Management. 7(1): 1-10.

Fibrianto, A. S., & Syamsul, B. (2017). Pelaksanaan Aktivitas Ekstrakurikuler Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera) dalam Pembentukan Karakter, Moral, & Sikap Nasionalisme Siswa SMAN 3 Surakarta. Jurnal Moral Kemasyarakatan. 2(2): 75 93.

Ghony, Djunaidi. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Grissom, J. A., Mollie, R., Christine, M. N., Marisa, C., Timothy, A. D., Ellen, G. & Patrick, S. (2017). Central Office Supports for Data-Driven Talent Management Decisions: Evidence from the Implementation of New Systems for Measuring Teacher Effectiveness. Educational Researcher. 46(1): 21-32.

Gunawan, I., & Benty, D. D. N. 2017. Manajemen Pendidikan Suatu Pengantar Praktik. Bandung: Alfabeta.

Hufron, A., Ali, I., & Mustiningsih. (2016). Manajemen Kesiswaan pada Sekolah Inklusi. Jurnal Pendidikan Humaniora. 4(2): 95-105.

Imron, A. 2011. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara. Iriyani, Y., Wahjoedi, & Sudarmiatin. (2017). Pengaruh Kegiatan Ektstra kurikuler terhadap Prestasi Belajar IPS Melalui Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 2(7): 955- 962.

Downloads

Published

2024-05-13