Pengembangan Kurikulum Sekolah Berbasis Teknologi Pada Siswa Dalam Meningkatkan Mutu Peserta Didik
Kurikulum, Pengembangan,Teknologi
Keywords:
Kurikulum, Pengembangan, TeknologiAbstract
Pentingnya teknologi pada pendidikan adalah suatu kajian serta penerapan eteknologia untuk memfasilitasi pembelajaran serta meningkatkan performa melalui membuat, menggunakan serta mengelola kelayakan sumber penelitian dan teknologi pada prosesnya. Diera digital ini sekolah berperan penting dalam pengembangan manajemen kurikulum yang dapat beimplikasi langsung terhadap mutu pendidikan sekolah, agar peserta didik mampu beradaptasi dan mampu bersaing di era digitalisasi ini. Jenis Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang lebih banyak mementingkan proses dari pada hasil, karena hubungan bagian-bagian yang sedang diteliti akan jauh lebih baik apabila diamati dalam proses. Penelitian kualitatif dilakukan pada kondisi alamiah dan bersifat penemuan. Hasil dari penelitian ini Perencanaan pendidikan berbasis teknologi di MTs Al-Washliyah hampir semuanya berawal dari informasi di internet dan diskusi tak terstruktur menggunakan media sosial berupa digital. Hal ini dapat membuat peserta didi peningkatan kemampuan mereka yang berkarya dalam masyarakat atau dalam dunia dan lapangan kerja.
References
Annur, Saiful. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan (Analisis Data Kuantitatif dan Kualitatif), Palembang: Noer Fikri Offset
Hardanai, dkk., Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, (Yogyakarta : CV. Pustaka Ilmu, 2020)
Akhmal Annas Hasmori, Hussin Sarju, Ismail Sabri Norihan, Rohana Hamzah, & Muhammad Sukr Saud. (2018). Pendidikan , Kurikulum Dan Masyarakat : Satu Integrasi. Journal of Edupres, 1(September), 350–356.
Asmawi, Syafei, & Yamin, M. (2019). Pendidikan Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3, 50–55.
Choirunnisa, A., & ... (2023). Paradigma Pembelajaran Campuran di Abad 21. Wahana …, 1(3), 1–8. https://doi.org/10.54259/diajar
Lestari, S. (2022). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Berbasis Teknologi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.
M. Hosnan. (2017). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21; Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Ghalia Idonesia.
Redhiana, D. (2017). Pengembangan kurikulum pada aspek ilmu pengetahuan dan teknologi yang berbasis lingkungan hidup melalui pendekatan saintifik di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Dinamika, 6(2), 215–234.
Sanam, S., Veronika, R., Prassetiawan, S., & Iman, A. (2022). Pengembangan Manajemen Kurikulum di Era Digital dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah. Vocational Education National Seminar (VENS), 01(01), 1–4.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Suprapto, -. (2018). Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Media Pembelajaran Menggunakan Teknologi Informasi di Sekolah. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 3(1), 34–41. https://doi.org/10.21831/jep.v3i1.632
Syam, S., Cecep, & Dkk. (2021). Pengantar Ilmu Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.
Tafsir, A. (2018). Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Maestro.
Yurni, S., & Bakti, E. (2019). Pengembangan Kurikulum di Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan. 293–306. http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2016/03/22-Samsila-Yurni-H.-Erwin-Bakti.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Adhli Maulana, Ghadief Hanbal Silalahi, Ifra Mayanti Harahap, Yudha Pratama Nasution, Inom Nasution

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




