Pelaksanaan Supervisi Di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang
Madrasah, Pelaksanaan, Supervisi.
Keywords:
Madrasah, Pelaksanaan, SupervisiAbstract
Penelitian ini Berjudul “Pelaksanaan Supervisi di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang”. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan supervisi di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan deskripsif kuaitatif dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi informan penelitian yaitu Kepala Sekolah dan Guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang berjalan cukup baik. Hasil peneliti dilihat dalam melaksanaan indikator dari pelaksanaan yaitu pengarahan, koordinasi, motivasi, komunikasi. Namun pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala madrasah belum memberikan dampak yang besar terhadap pembelajaran. Penyebabnya adalah kurangnya waktu pelaksanaan supervisi yang kurang dan tidak sesuai dengan jadwal yang dijadwalkan sehingga tidak maksimal. Dalam penelitian ini,penulis menyimpulkan bahwa pelaksanaan supervisi di Madrasah ibtidaiyah ini cukup baik. Dengan adanya pengarahan, koordinasi, motivasi dan komunikasi antara kepala sekolah dan guru sehingga pelaksanaan supervisi ini dapat berjalan secara efektif dan efisien.
References
Dra. Rusmaini (2013), Ilmu Pendidikan (Yogyakarta: Pustaka Felicha)
Imam Musbikin (2013), Menjadi Kepala Sekolah yang Hebat, (Pekanbaru: Zanafa Publishing)
Maksum ( 2009.) Madrasah Sejarah dan Perkembangannya. Jakarta: Logos Wacana Ilmu
Mulyasa, E. (2015), Manajemen dan Kepemimipinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara
Sagala, Syaiful. (2012), Supervisi Pembelajaran dalam Proses Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Sidik, Muhammad (2018), Model Pembelajaran Menulis Deskrptif. Malang: Tunggal Mandiri Publishing
Sugiyono (2021), Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Dian Sinaga, Mengelola Perpustakaan sekolah, Bandung; Bejana, 2005
Afrizal, Mengenal Koleksi Perpustakaan, UIN Imam Bonjol, Padang, 2019.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dinda Meliolina, Amilda, Hidayat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




