Manajemen Tenaga Pendidik Dalam Meningkatkan Proses Belajar Peserta Didik

Manajemen, Tenaga Pendidik, Meningkatkan Proses Belajar

Authors

  • Nova Safira Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Mardiah Astuti Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Hidayat Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Keywords:

Manajemen, Tenaga Pendidik, Meningkatkan Proses Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan penulis terhadap manajemen tenaga pendidik yang digunakan di sekolah tersebut. Adapun tujuan penelitian ini  dapat menjawab pertanyaan berikut ini: bagaimana manajemen tenaga pendidik dalam meningkatkan proses belajar peserta didik Di SD Negeri 106 OKU serta apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat manajemen tenaga pendidik dalam meningkatkan proses belajar peserta didik di SD Negeri 106 OKU. Penulis menggunakan penelitian kualitatif. Dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk menghimpun data tentang keadaan tenaga pendidik.Hasil penelitian ini dilihat indikator dari pelaksanaan perencanaan, rekrutmen dan seleksi, pengorganisasian, pelaksanaan tenaga pendidik, pengawasan serta meningkatkan proses belajar peserta didik. Adapun Faktor pendukung manajemen tenaga pendidik dalam meningkatkan proses belajar peserta didik di SD Negeri 106 OKU yaitu adanya kompetensi profesional guru, pendanaan, serta sarana dan prasarana yang telah memadai. Faktor penghambat manajemen tenaga pendidik dalam meningkatkan proses belajar peserta didik di SD Negeri 106 OKU pelatihan guru masih belum efektif dikarenakan guru disana masih banyak yang belum memahami teknologi informasi, serta minimnya pendanaan dan sarana dan prasaran yang masih kurang lengkap.

References

Ahmadi, R. (2014). Kualitatif, Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Atep Iman, dkk. Problematika Tenaga Pendidik Dalam Pengembangan Profesionalitas Guru, Jurnal Vacation Education National Seminar (VENS), 2022

Nana Sudjana (2014) Dasar-Dasar Proses Belajar-Mengajar,Bandung: Sinar Baru.

Nu, I. d. (2020). Milenial, Peranan Guru Profesional Dalam Peningkatan Prestasi Siswa Dan Mutu Pendidikan Di Era r. Jurnal Asy-Syukriyyah, 3.

Rachman, F. (2015). Manajemen Organisasi Dan Pengorganisasian Dalam Prespektif Al-Quran Dan Hadith. Jurnal Manajemen Organisasi dan Pengorganisasian, 294.

Remus, S. P. (2017). Analisis Sistem Pengawasan Terhadap Kinerja Karyawan . Jurnal Ilmiah Methonomi, 1.

Rusman, (2011) Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Suparlan,(2014) Manajemen Berbasis Sekolah Dari Teori Sampai Dengan Praktik., Jakarta: Bumi Aksara

Syah, M. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Syukur, F. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan. Semarang: Pustaka Rizki Putra.

Terry, G. R. (2013). Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-08-28