Pelaksanaan Layanan Sirkulasi Perpustakaan Sekolah Di SMP

Authors

  • Eka Yunitasari Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Mardiah Astuti Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Hidayat Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Abstract

Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak dan karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan rekreasi para pemustaka. Hasil observasi awal yang dilakukan pada 02 November 2022 di perpustakaan SMP Daarul Aitam Palembang. Maka berdasarkan hasil pengamatan penulis mengamati layanan sirkulasi di perpustakaan SMP Daarul Aitam Palembang memiliki kendala, diantaranya proses peminjaman bahan pustaka harus melalui pustakawan karena tidak tersedianya mesin peminjaman mandiri, dan kurangnya jumlah koleksi buku sehingga pengguna sulit untuk mencari bahan referensi. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, artinya prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Hasil dari penelitian ini adalah Pelaksanaan Layanan Sirkulasi di Perpustakaan Sekolah SMP Daarul Aitam Palembang sudah cukup baik, dibuktikan dengan sudah berjalannya indikator pelaksanaan layanan sirkulasi perpustakaan yaitu motivasi, pengarahan, koordinasi, dan komunikasi dalam layanan keanggotaan, peminjaman buku, pengembalian buku, pengihan berupa denda dan bebas pustaka.

Kata Kunci : Pelaksanaan,Sirkulasi,Perpustakaan

References

Cahyo, N. A. Dan A. (2018). Analisis Dan Perencanaan Sistem Informasi Perpustakaan Sekolah Berdasarkan Kebutuhan Sistem. Jurnal Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, Vol 1 No 2, 86.

Dian Sinaga. (2017). Mengelola Perpustakaan Sekolah. Pustaka Jaya.

Elva, R. (2018). Akses Dan Layanan Perpustakaan. Prenadamedia Group.

Hafiah. (2017). Pengantar Layanan Perpustakaan. Pustaka Info.

Hartono. (2016). Manajemen Perpustakaan Sekolah. Ar-Ruzz Media.

Heryana, A. (2018). Modul Informan Dan Pemilihan Informan Pada Penelitian Kualitatif. Prodi Keseahatan Masyarakat, 5.

Ibrahim, A. R. Dan M. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Peminjaman Dan Pengembalian Buku Perpustakaan Smp Negeri 1 Madiun. Jurnal Komputer Dan Teknologi Informasi Vol, Vo 1 No 2, 87.

Mudjiyanto, C. M. Z. Dan B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi. Jurnal Diakom, 1(2), 4.

Pamuntjak. (2019). Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan. Djambatan.

Prihadi, D. (2020). Pengaruh Pelayanan Perpustakaan Terhadap Kepuasan Anggota Perpustakaan. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, Vol 1 No 2, 125.

Rama, S. (2023). Wawancara Kepala Perpustakaan Smp Daarul Aitam Palembang.

Ramadhity, S. (2023). Manajemen Pengadaan Dan Pengolahan Koleksi Bebas Pustaka. Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, Vol 1 No 1, 72.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif. Deepublish.

Saleh, A. R. (2020). Manajemen Perpustakaan. Universitas Terbuka.

Sodik, S. S. Dan M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Litersasi Media.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (Sutopo (Ed.); Ke 3).

Undang, R. (2020). Manajemen Pendidikan. Deepublish.

Undang, R. U. (2019). Undang Undang Republik Indonesia. In Tentang Perpustakaan (P. 2). Kementrian Aparatur Negara.

Wiriaatmadja, R. (2018). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Pt Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2023-10-18