Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Siswa

Pemanfaatan, Perpustakaan Sekolah, Sumber Belajar.

Authors

  • Heriyanto Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Mardiah Astuti Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Hidayat Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Keywords:

Pemanfaatan, Perpustakaan Sekolah, Sumber Belajar

Abstract

Penelitian ini Berjudul “Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Siswa di SMPN 3 Lempuing Jaya Kab. Ogan komering Ilir”. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar siswa dan factor-faktor pendukung dan penghambat dalam pemanfaatan perpustakaan sekolah di SMPN 3 Lempuing Jaya Kab. OKI. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis pendekatan penelitian ini yaitu yaitu deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data data penelitian ini menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar siswa di SMPN 3 Lempuing Jaya Kab. OKI yaitu frekuensi kunjungan siswa, waktu kujungan siswa, dan jenis buku bacaaan yang dibaca. Adapun faktor-faktor yang pendukung seperti fasilitas perpustakaan yang tersedia tertata dengan baik, rapi, bersih kemudian untuk faktor penghamabat seperti koleksi bahan pustaka yang kurang lengkap, dan sarana prasarana pendukung perpustakaan.

References

Abd. Rahman Getteng, Menuju guru professional dan ber-etika, Yogyakarta; Graha Guru, 2014

Ibrahim Bafadal, Pengelola Perpustakaan Sekolah, Jakarta; Bumi Aksara, 2015

Sutarno NS, Mengenal Perpustakaan, Jakarta; Jala Permata, 2006

Hartono, Manajemen Perpustakaan Sekolah, Yogyakarta; Ar-Ruzz Media, 2016

W.J.S Purwadarminta, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta; Balai Pustaka, 2006

Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran, Bandung; PT Remaja Rosdakarya, 2006

Wina Wijaya, Perencanaan dan desain system pembelajaran, Jakarta; Kencana, 2006

Ahmad Rohani, Pengelolaan Pengajaran, Jakarta; PT. Rineka Cipta, 2004

Lexy j. Meleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung; PT. Remaja Rosdakarya,

Muh. Fitrah, Lutfiah, Penelitian Kualitatif, tindakan kelas&studi kasus, Jawa Barat; CV Jejak, 2017

Sugiyono, Metode penelitian kuantitatif kualitatis dan R&D, Bandung; Alfabeta, 2013

Imam Suprayogo, Metodologi penelitian social-agama, Bandung; PT Remaja Rosdakarya, 2001

Marlini, Kajian Ilmu informasi dan Perpustakaan, Kajian. Vol 6, No. 2, 2022

Sutan Muhammad Zain, Kamus Besar bahasa Indonesia, Jakarta; Balai Pustaka, 2005

Dede Oetomo dalam Bagong Suyanto, Metode penelitian social: Berbagai alternative pendekatan, Jakarta; Kencana, 2007

Dian Sinaga, Mengelola Perpustakaan sekolah, Bandung; Bejana, 2005

Afrizal, Mengenal Koleksi Perpustakaan, UIN Imam Bonjol, Padang, 2019.

Downloads

Published

2023-09-11