Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Melalui Pemberdayaan Tenaga Kependidikan
Pemberdayaan, Tenaga Kependidikan, Upaya Kepala Sekolah
Keywords:
Pemberdayaan, Tenaga Kependidikan, Upaya Kepala SekolahAbstract
Penelitian ini berjudul “Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Melalui Pemberdayaan Tenaga Kependidikan Di Mts Al-Barokah Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir”. Adapun kegunaan dan tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana kinerja tenaga kependidikan danbagaimana upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja melalui pemberdayaan tenaga kependidikan.Penelitian ini menggunakan penelitian jenis kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Informan kunci dalam penelitian ini adalah kepala sekolah. Sedangkan informan pendukungnya, yaitu guru, staff tata usaha. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja melalui pemberdayaan tenaga kependidikan di mts al-barokah kecamatan pemulutan kabupaten oganilirtelah berjalan cukup baik, dikatakan masih cukup karena masih terdapat kendala seperti sarana prasarana kurang memadai dan masih ada beberapa tenaga kependidikan kurang disiplin.Namun, sejauh ini sudah berproses lebih baik, banyak perubahan yang terjadi di sekolah menjadi lebih baikdilihat dari kinerja tenaga kependidikan melalui melalui kualitas kerja, kuantitas, ketepatan waktu, efektifitas, kemandirian. Adapun upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja melalui pemberdayaan tenaga kependidikan, yaitu melalui kerjasama, memberi kesempatan tenaga kependidikan meningkatkan kompetensi, dan mendorong keterlibatan seluruh tenaga kependidikan.
References
Kualitas Kerja Tenaga Kependidikan di MTs Al Barokah Kec. Pemulutan Kab. Ogan Ilir, (2013).
Danin, S., & Khairil. (2014). Profesi Kependidikan. Alfabeta.
Daryanto, & Farid, M. (2013). Konsep Manajemen Pendidikan Di Sekolah. Gava Media.
Engkoswara, & Komariah, A. (2012). Administrasi Pendidikan. Alfabeta.
I. (2023). Wawancara Staff Tata Usaha MTs Al Barokah.
Lutfiah, M. F. (2017). Penelitian Kualitatif, tindakan kelas&studi kasus. CV Jejak.
LW. (2023). Wawancara Guru MTs Al Barokah.
Moeleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2015). Manajemen dan Kepemimipinan Kepala Sekolah. Bumi Aksara.
Mulyasa, E. (2018). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Narwoko, D., & Suyanto, B. (2014). Sosiologi: Teks Pengantar & Terapan. Kencana.
P. (2023). Wawancara Kepala MTs Al Barokah.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Suwanto, & Priansa, D. J. (2013). Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Alfabeta.
Wahjosumidjo. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah. PT Raja Grafindo Persada.
Wibowo. (2016). Manajemen Kinerja. PT Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Renaldy Ikhlasul Amal, Amilda, Hidyat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




