Implementasi Pembelajaran High Order Thinking Skill (HOTS) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Metode, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Pani Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Wahidah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Mei Sandi Pasaribu Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Keywords:

Metode, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penulisan karya ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui bagaiamana pengaruh Implementasi Pembelajaran High Order Thinking Skills (HOTS) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kepustakaan yaitu Penelitian dilaksanakan dengan menghimpun data maupun artikel ilmiah dengan tujuan topik investigasi atau koleksi literatur. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa berpengaruh terhadap partisipasi peserta didik dalam pembelajaran PAI, serta pengetahuan dan tingkat berpikir peserta didik.

 

References

Ahmad, M. Y., & Nurjannah, S. (2016). Hubungan Materi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Kecerdasan Emosional Siswa. Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 13(1), 1–17.

Ansri, B. I., & Abdullah, R. (2020). Higher Order Thinking Skill (HOTS) Bagi Kaum Milenial melalui Inovasi Pembelajaran Matematika. Malang: CV IRDH.

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Berbasis Zonasi. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi, 1–87. https://repositori.kemdikbud.go.id/11316/1/01._Buku_Pegangan_Pembelajaran_HOTS_2018-2.pdf

Bendriyanti, R. P., & Zulita, L. N. (2012). Implementasi E-Arsip Pada Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu. Jurnal Media Infotama, 8(1), 158–177. http://jurnal.unived.ac.id/index.php/jmi/article/view/77

Endrayanto, H. Y. S. (2021). Strategi Menilai Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Yogyakarta: Penerbit PT Kanisius.

Hamalik, O. (2014). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Haryati, S., Sudarsono, A., & Suryana, E. (2015). Implementasi Data Mining Untuk Memprediksi Masa Studi Mahasiswa Menggunakan Algoritma C4.5 (Studi Kasus: Universitas Dehasen Bengkulu). Jurnal Media Infotama, 11(2), 130–138.

Hasbullah. (2018). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Hawi, A. (2016). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Pers.

Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hidayat, I. (2020). Kompetensi Guru dalam Pembelajaran PAI berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) di Sekolah Menengah Pertama. Khazanah Pendidikan Islam, 2(2), 52–67. https://doi.org/10.15575/kp.v2i2.9030

Mestika, Z. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan (Cet. ke-1). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Neni Hernita dkk. (2021). Inovasi Pembelajaran Abad 21. Surabaya: Global Aksara Pers.

Pratiwi, Z. I., & Maharani, D. (2020). Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) (Studi Analisis Pada Kelas XI di SMA Dharma Karya UT Tangerang selatan). Jurnal Qiro’ah, 10(2), 57–72.

Rahmat, D. (2017). Implementasi Kebijakan Program Bantuan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu Di Kabupaten Kuningan. UNIFIKASI : Jurnal Ilmu Hukum, 4(1), 35–42. https://doi.org/10.25134/unifikasi.v4i1.478

Ramayulis. (2017). Dasar-dasar Kependidikan Suatu Pengantar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Kalam Mulia.

Saputra, A. (2014). Aplikasi Metode Contextual Teaching Learning (CTL) Dalam Pembelajaran. Jurnal AT-TA’DIB, VI(1), 130.

Sari, M., & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 13.

Tiwery, B. (2015). Kekuatan Dan Kelemahan Metode Pembelajaran Dalam Penerapan Pembelejaran HOTS (Higher Order Thinking Skills. Malang: Media Nusa Creative.

Trianto. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Warti, E. (2015). Pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skills) Melalui Penerapan Berbagai Metode Pembelajaran. Malang: Media Nusa Creative.

Wibawa, R. P. (2019). Peran Pendidikan Berbasis Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama di Era Society 5.0 Sebagai Penentu Kemajuan Bangsa Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 7(2), 137. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v7i2.4779

Downloads

Published

2023-06-10