Peran Teknologi Dalam Pendidikan Agama Islam
Metode Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Teknologi
Keywords:
Metode Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, TeknologiAbstract
Salah satu komponen pendidikan adalah pengajaran dalam lingkup sekolah, dimana masalah pendidikan dinilai berdasarkan kualitas seorang guru, lingkungan, cara menyampaikan pelajaran kurikulum, serta kombinasi teknologi dengan model pembelajaran. digunakan oleh pendidik dan apakah sesuai untuk siswa. Untuk lebih memahami bagaimana teknologi mempengaruhi pembelajaran, publikasi ini pertama-tama akan melihat seberapa besar dampaknya terhadap pendidikan agama Islam. Tujuan penggunaan metodologi tinjauan pustaka dalam penelitian ini adalah untuk menyajikan temuan penelitian berdasarkan sumber-sumber yang bersangkutan. Temuan dan kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan peran penting teknologi dalam pendidikan, khususnya dalam studi Islam. Seorang guru harus mengutamakan upaya memperhatikan nilai-nilai moral keagamaan peserta didik dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam. Seorang pendidik tentunya tidak hanya terpaku pada penyampaian informasi keagamaan. Tentu saja, mengikuti kemajuan teknologi dengan memadukan teknik dan pendekatan yang sesuai untuk menyoroti keterampilan siswa adalah salah satu tindakan yang dapat membantu menentukan hal ini.
References
Abidin, A. M. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Melalui Metode Pembiasaan. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 183-196.
Akbar, E. (2020). Metode belajar anak usia dini. Prenada Media.
Alfinnas, S. (2018). Arah baru pendidikan Islam di era digital. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam, 7(1), 803-817.
Anwar, M. (2018). Menjadi guru profesional. Prenada Media.
Baharun, H. (2015). Penerapan pembelajaran active learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa di madrasah. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 1(1).
Buan, Y. A. L. (2021). Guru dan Pendidikan Karakter: Sinergitas Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter di Era Milenial. Penerbit Adab.
Chanifudin, C., & Nuriyati, T. (2020). Integrasi Sains dan Islam dalam Pembelajaran. Asatiza, 1(2), 212-229.
Dananjaya, U. (2023). Media pembelajaran aktif. Nuansa cendekia.
Duryat, H. M. (2021). Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Penguatan Pendidikan Agama Islam di Institusi yang Bermutu dan Berdaya Saing. Penerbit Alfabeta.
Fuadi, A. (2020). Keragaman Dalam Dinamika Sosial Budaya Kompetensi Sosial Kultural Perekat Bangsa. Deepublish.
Khasanah, N., & Nurhidayati, M. (2021). Pemetaan Potensi Mahasiswa dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Penerbit NEM.
Lestari, S. (2018). Peran teknologi dalam pendidikan di era globalisasi. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94-100.
Mawali, H. (2023). Efektivitas Pembelajaran Daring Terhadap Pemahaman Siswa Dan Tujuan Pembelajaran Di Mts Al-Hidayah Cibodas Kabupaten Cilacap.
Mokalu, V. R., Panjaitan, J. K., Boiliu, N. I., & Rantung, D. A. (2022). Hubungan Teori Belajar dengan Teknologi Pendidikan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1475-1486.
Mokodompit, M., Wullur, M. M., Pasandaran, S., & Rotty, V. N. (2023). Implementasi Kebijakan Pendidikan Karakter. CV Literasi Nusantara Abadi.
Nata, A. (2018). Pendidikan Islam di era milenial. Conciencia, 18(1), 10-28.
Nurjaman, A. R. (2020). Pendidikan Agama Islam. Bumi Aksara.
Oka, G. P. A. (2022). Media dan multimedia pembelajaran. Pascal Books.
Pohan, A. E. (2020). Konsep pembelajaran daring berbasis pendekatan ilmiah. Penerbit CV. Sarnu Untung.
Ridwan, M., Suhar, A. M., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya penerapan literature review pada penelitian ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42-51.
Rosnaeni, R. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5), 4334-4339.
Sabri, A. (2020). Pendidikan Islam Menyongsong Era Industri 4.0. Deepublish.
Salsabila, U. H., Aghnia, M. S., Sholihin, A., & Pratiwi, A. (2023). Dinamika Teknologi dalam Pendidikan Agama Islam. Al-I'tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 01-05.
Saputra, M., Na’im, Z., Nugroho, P., Maula, I., Budianingsih, Y., Hadiningrum, L. P., & Ahyar, D. B. (2022). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Sari, S. (2017). Implementasi Metode dan Evaluasi Pendidikan Islam Dalam Perspektif al-Qur’an pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Rangkas Bitung. Tesis. Banten: Program Pascasarjana Fakultas Tarbiyyah IAIN Sultan Maulana Hasanuddin, Banten (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri" Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN).
Sidiq, U. (2018). Etika dan profesi keguruan. Tulungagung: Penerbit STAI [Sekolah Tinggi Agama Islam] Muhammadiyah. Tersedia secara online juga di: http://repository. iainponorogo. ac. id/395/1/Etika, 20, 26.
Sulaksono, H. (2015). Budaya organisasi dan kinerja. Deepublish.
Susanto, H. P. (2021). Pandemi dan Anak Bangsa Menjadi Pintar. Tsaqiva publishing.
Syarifuddin, K. (2018). Inovasi Baru Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Deepublish.
Sylvia, I. L. A., Purwati, S. T., Sriyami, Y., Th, S., & Rukiyem, S. T. (2021). Guru hebat di era milenial. Penerbit Adab.
Umam, C. (2020). Inovasi Pendidikan Islam: Strategi dan Metode Pembelajaran PAI di Sekolah Umum. CV. Dotplus Publisher.
Wijoyo, H. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di masa pandemi. Insan Cendekia Mandiri.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Alban Saputra, Indrawani Pohan, Siti Rayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




