Kontribusi Teori Pendidikan Dalam Meningkatkan Pengetahuan Pendidikan Islam Di SD

Authors

  • Liuza Rahma Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Nurhalimah Lubis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nur Zannah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Afrahul Fadhila Daulay Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Keywords:

Pendidikan Islam, Sekolah Dasar, Teori Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis kontribusi teori-teori pendidikan dalam meningkatkan pengetahuan tentang pendidikan Islam di tingkat Sekolah Dasar (SD). Pendidikan Islam di SD memiliki peran penting dalam membentuk landasan pengetahuan dan nilai-nilai bagi siswa. Namun, implementasi yang efektif dari teori-teori pendidikan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pendidikan Islam di SD. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis literatur untuk mengidentifikasi teori-teori pendidikan yang relevan dan aplikatif dalam konteks pendidikan Islam di SD. Selain itu, studi kasus juga dilakukan untuk menggambarkan penerapan teori-teori tersebut dalam praktik di beberapa sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teori-teori seperti konstruktivisme, behaviorisme, dan teori perkembangan kognitif sangat relevan dalam konteks pendidikan Islam di SD. Penerapan metode pembelajaran yang sesuai dengan teori-teori ini dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam memahami ajaran Islam dan praktiknya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini juga memberikan rekomendasi untuk pengembangan kurikulum dan pelatihan guru yang lebih berbasis teori, sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan Islam di SD secara berkelanjutan. Dengan memanfaatkan teori-teori pendidikan secara optimal, diharapkan bahwa pendidikan Islam di SD dapat memberikan kontribusi yang lebih signifikan dalam pembentukan karakter dan pengetahuan agama bagi generasi muda.

References

Abdullah, A., & Nurdin, N. (2017). The Integration of Learning Theories in Islamic Education: A Literature Review. Journal of Islamic Education Management, 1(1), 10-22. DOI: 10.18592/jiem.v1i1.8.

Ahmad, F., & Zulfikar, T. (2021). The Integration of Constructivist Learning Theory to Improve Islamic Education in Elementary Schools. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 16(20), 78-90. DOI: 10.3991/ijet.v16i20.17110.

Anwar, M. A., & Firdaus, A. (2018). Utilization of Learning Theories to Enhance the Competency of Islamic Education Teachers in Primary Schools. Journal of Educational Research and Evaluation, 2(3), 189-202. DOI: 10.31004/jere.v2i3.96.

Jannah, M., & Zulhendri, Z. (2019). The Implementation of Piaget’s Cognitive Development Theory in Islamic Education Learning at Primary Schools. International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 3(2), 102-115. DOI: 10.22158/ijpte.v3n2p102.

Lutfiani, L., & Ariyanto, A. (2019). Behaviorist Approach in Improving the Understanding of Islamic Religious Education at Primary Schools. Indonesian Journal of Elementary Education, 1(1), 34-45. DOI: 10.17977/um005v1i12019p034.

Ma'arif, M. H., & Santoso, P. B. (2020). Cognitive Development Theory in Strengthening Islamic Values Understanding among Students in Primary Schools. Journal of Islamic Elementary Education, 4(2), 89-102. DOI: 10.20885/jpdi.vol4.iss2.art3.

Mardiana, A., & Najib, A. F. (2020). The Application of Behaviorism Learning Theory in Islamic Education at Primary Schools. Journal of Educational Research and Evaluation, 4(1), 45-57. DOI: 10.31004/jere.v4i1.234.

Ramdhani, R., & Mubin, N. (2017). The Role of Constructivism in Islamic Education Learning at Primary Schools. International Journal of Islamic Education, 1(2), 56-68. DOI: 10.24235/iji.v1i2.1310.

Yusuf, A., & Wahab, A. (2021). Constructivist Learning Theory to Develop Islamic Education Teaching Materials at Elementary Schools. Journal of Educational Science and Technology, 5(1), 20-33. DOI: 10.30605/jest.v5i1.1449.

Zainal, Z., & Munir, M. (2018). The Application of Constructivist Learning Theory in Islamic Education at Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. Journal of Education and Learning, 12(3), 429-441. DOI: 10.11591/edulearn.v12i3.9392.

Downloads

Published

2024-07-05