Implikasi Aspek Perkembangan Dan Karakteristik Anak Dalam Proses Pembelajaran

Pembelajaran, Perkembangan, Karakteristik Anak

Authors

  • Lusi Safitri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Syakira Anandia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Juni Sahla Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan

Keywords:

Pembelajaran, Perkembangan, Karakteristik Anak

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji lebih jauh tentang implikasi aspek perkembangan anak dalam proses pembelajaran, dan mengkaji implikasi karakteristik anak dalam pembelajaran di madrasah ibtidaiyah. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu buku, jurnal, artikel, dan karya ilmiah lainnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kajian literatur. Kajian literatur adalah desain penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan sumber data yang berkaitan dengan suatu topik. Pengumpulan data untuk kajian literatur dilakukan dengan alat pencarian database sebagai tahapan pencarian sumber literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik anak dalam proses pembelajaran sangat berpengaruh bagi perkembangan social, emosi, dan moral anak sekolah dasar dan sudah menyadari akan peran sosial, agama, ras, dan status social ekonomi dari teman sebayanya, menerima stereotif budaya dan sikap dewasa terhadap statusnya sehingga menimbulkan kesadaran kelompok dalam bersikap di lingkungan sosialnya. Karakteristik tersebut akan menetap sampai masa kanak-kanak akhir dan akan terus berlanjut sampai mereka dewasa jika pendidik memberikan stimulus dalam melanjutkan tugas perkembangannya secara matang. Stimulus tersebut berupa bimbingan, arahan, dan memberikan lingkungan social budaya yang baik dan sehat dalam perkembangan social, emosi, dan moralnya sehingga berimplikasi pada pembentukan sikap social yang baik.

References

Agustyaningrum, Nina, Paskalia Pradanti, and Yuliana, ‘Teori Perkembangan Piaget Dan Vygotsky : Bagaimana Implikasinya Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar?’, Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5.1 (2022).

Dzulhidayat, ‘Implikasi Teori Perkembangan Kognitif Fiaget pada anak Usia Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia', Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7.2 (2022).

Eko Handoyo, Tijan, ‘Model Pendidikan Karakter Berbasis Konservasi: Pengalaman Universitas Negeri Semarang’ Semarang: Widya Karya, (2019)

Karwadi, Karwadi, ‘Implikasi Multiple Intelligences Dalam Pembelajaran Di SD/MI’, 1 (2019).

Latifa, Umi, ‘Perkembangan Pada Anak Sekolah Dasar: Masalah Dan Perkembangannya’, Academica: Journal of Multidisciplinary Studies, 1.2 (2019).

Murti, Tri, ‘Perkembangan Fisik Motorik Dan Perseptual Serta Implikasinya Pada Pembelajaran Di Sekolah Dasar’, Wahana Sekolah Dasar, 26.1 (2019).

Prastowo, Andi, ‘Implikasi Kinerja Otak Terhadap Pembelajaran Psikomotorik Di Sd/Mi’, Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8.2 (2020).

Saepuddin, ‘Konsep Pendidikan Karakter dan Urgensinya dalam Pembentukan Pribadi Muslim Menurut Al-Ghazali', STAIN Sultan Abdurahaman Press, (2019).

Siti Anisah, Ani, Sapriya, Kama Abdul Hakam, and Ernawulan Syaodih, ‘Perkembangan Sosial, Emosi, Moral Anak Dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Sikap Sosial SIswa Sekolah Dasar’, JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1.1 (2021).

Suralaga, Fadillah, ‘Psikologi Pendidikan: Implikasi Dalam Pembelajaran’, Depok: Rajawali Press, (2021).

Downloads

Published

2023-12-20