Layanan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus
Anak Bekebutuhan Khusus, Layanan, Pendidikan
Keywords:
Anak Bekebutuhan Khusus, Layanan, PendidikanAbstract
Anak yang berkebutuhan khusus adalah anak yang memerlukan penangan khusus karena adanya gangguan perkembangan dan kelain yang dialami anak. Penelitian yang dilaksanakan ini bertujuan untuk menganalisis pelayanan bagi anak yang berkebutuhan khusus. Metode penelitian ini adalah kajian literatur. Kajian literatur adalah desain penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan sumber data yang berkaitan dengan suatu topik. Pengumpulan data untuk kajian literatur dilakukan dengan alat pencarian database sebagai tahapan pencarian sumber literatur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada dasarnya anak berkebutuhan khusus membutuhkan suatu pelayanan. Bentuk layanan yang dapat ditempuh bagi anak berkebutuhan khusus adalah bentuk layanan pendidikan.
References
Arkam, Rohmad. “Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Perspektif Al-Qur’an-Rohmad Arkam 102 Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Perspektif Al¬Qur’an.” Jurnal Mentari 2 (2). 2022
Setiawati, Atika, dkk. “Seling Jurnal Program Studi Pgra Mengenal Konsep-Konsep Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Paud.” Program Studi Pgra 6 (2). 2020
Fakhiratunnisa, dkk. “Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus.” Masaliq 2 (1). 2022
Iga Setia Utami, dkk. “Model Layanan Pendidikan Bagi Anak Tunadaksa Di Sekolah Inklusif.” Jurnal Pendidikan 32 (1). 2023
Jannah, dkk. “Model Layanan Pendidikan Inklusif Di Indonesia.” Anwarul 1 (1). 2021
Widiastuti, Luh Gede Karang, Ni. “Layanan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Dengan Gangguan Emosi Dan Perilaku.” Indonesian Journal Of Educational Research And Review 3 (2).2020
Ningrum, Nila Ainu. “Strategi Pembelajaranpada Anakberkebutuhan Khusus Dalam Pendidikan Inklusi.” Indonesian Journal Of Humanities And Social Sciences 3 (3). 2022
Sunarya, Purba Bagus, dkk. “Kajian Penanganan Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus.” Jurnal Abadimas Adi Buana 2 (1). 2018
Supena, dkk . “Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Inklusif (Guidelines For The Implementation Of Inclusive Early Childhood Education).” Direktorat Pembinaan Pembinaan Anak Usia Dini, Direktorat Jendral Pembinaan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Masyarakat Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, No. 21. 2018
Syaputri, dkk. “Peran Orang Tua Dalam Tumbuh Kembang Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme).” Educativo: Jurnal Pendidikan 1 (2). 2022
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Siskawati Ziliwu, Devi Intan Sari Sagala, Harri Gusnirwanda, Juni Sahla Nasution

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




