Karakteristik Perkembangan Kognitif

Karakteristik, Kognitif, Perkembangan

Authors

  • Adinda Widyaningsih Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Isma Nur Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Wiryo Sastro Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Sahla Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan

Keywords:

Karakteristik, Kognitif, Perkembangan

Abstract

Perkembangan kognitif adalah perubahan kemampuan mental seperti belajar, menalar, berpikir, dan berbahasa. Perkembangan kognitif pada anak dapat dipahami sebagai proses yang terjadi secara internal pada pusat susunan saraf ketika manusia tengah berpikir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik perkembangan kognitif anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kajian literatur. Kajian literature adalah sebuah penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan sumber data yang berkaitan dengan suatu topik. Pengumpulan data untuk kajian literature dilakukan dengan alat pencarian data base sebagai tahapan pencarian sumber literature. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa karakteristik perkembangan kognitif anak berdeda-beda antara satu dengan lainnya. Karakteristik perkembangan ini hendaknya dipahami oleh guru atau pendidik agar proses pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan tingkat dan ciri khas dari perkembangannya.

References

Adriani, Nukeu. 2018. Pembelajaran Fiqh Di Madrasah Ibtidaiyah. Grou. Vol. 23529.

Ayu Saputri, Dona, Harto Nuroso, and Joko Sulianto. 2023. “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Perkembangan Kognitif Peserta Didik Sekolah Dasar.” Journal on Education 06(01): 4083–90.

Mia. 2022. “Pendidikan Islam Dan Keagamaan Karakteristik Perkembangan Peserta Didik.” Jurnal kajian pendidikan islam dan keagamaan 6(4): 351–71. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia/index.

Mitasari, Rizka Nur. 2018. “Model Pembelajaran Edutainment Dalam Perkembangan Kognitif Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendas 4(1): 41–49.

N, Omeri. 2015. “Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan.” Nopan Omeri 9(manager pendidikan): 464–68.

Novitasari, Yesi. 2018. “Analisis Permasalahan "Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini”.” PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2(01): 82–90.

Nurasyiah, R, and C Atikah. 2023. “Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini.” Khazanah Pendidikan-Jurnal Ilmiah Kependidikan (JIK) 17(1): 75–81. http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/.

Pristiwanti, D, B Badariah, S Hidayat, and R. S Dewi. 2022. “Pengertian Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4(6): 1707–15.

Rahmaniar, Erita, Maemonah Maemonah, and Indri Mahmudah. 2021. “Kritik Terhadap Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(1): 531–39.

Downloads

Published

2024-01-10