Karakteristik Perkembangan Emosi
Emosi, Karakter, Perkembangan
Keywords:
Emosi, Karakter, PerkembanganAbstract
Perkembangan emosi siswa sekolah dasar penting untuk diketahui agar proses pembelajaran yang dilaksanakan disekolah dapat berjalan dengan baik. Perkembangan emosil merupakan proses dimana anak belajar beradaptasi untuk memahami situasi dan emosi dalam berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya, mendengarkan, mengamati dan meniru apa yang mereka lihat. Maka perlunya informasi yang mengkaji perkembangan emosi siswa sekolah dasar. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode kajian literatur, kajian literatur adalah desain penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan sumber data yang berkaitan dengan suatu topik. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengkaji proses perkembangan emosi siswa sekolah dasar. Hasil pengkajian tersebut dijadikan sebagai referensi untuk menemukan karakteristik perkembangan sosial siswa sekolah dasar. Perkembangan emosi merupakan suatu keadaan yang lebih kompleks dimana pikiran dan perasaan ditandai dalam bentuk perubahan bilogis yang muncul akibat dari prilaku individu baik berupa perasaan, nafsu maupun suasana mental yang tidak terkontrol. Karakteristik utama perkembangan emosi siswa sekolah dasar ditandai dengan siswa sudah memahami kaidah dan aturan yang berada dilingkungan.
References
Hani, Hanifah dkk. “perilaku dan karakteristik peserta didik berdasarkan tujuan pembelajaran.” Jurnal ilmu managemen dan pendidikan 4, no. 2 (2020).
Rahmawati Anzani Intan, Khairul Insan. “Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Pra Sekolah.” Jurnal Pendidikan Dan Dakwah 2, no. 2 (2020).
Sukatin dkk. “Analisis Perkembangan Emosi Anak Usia Dini.” Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang 5, no. 2 (2020).
Kusuma Dewi Magdalena. “Dampak Perceraian Orang Tua Terhadap Kondisi Emosi Anak 6-12 Tahun.” Jurnal Edukasi Non Formal 1, no. 2 (2020).
Mulyani Novi. “Perkembangan Emosi Dan Sosial Anak Usia Dini.” Jurnal Pemikiran Alternative Kependidikan 18, no. 3 (2013).
Widiastuti Reski Yunilan. “Dampak Perceraian Pada Perkembangan Sosial Dan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun.” Jurnal PG-PAUD 2, no. 2 (2020).
Fitri Heleni. “Perkembangan Emosional Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun Ditinjau Dari Ibu Yang Bekerja.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1, no. 1 (2017)
Gumiandari Septi, Basit Abdul. “Perkembangan Emosi Peserta Didik.” Jurnal Ilmiah Indonesia 7, no.1 (2022)
Darmian. “Perkembangan Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Emosi Anak Usia MI.” Jurnal Pendidikan 8, no. 2 (2019)
Rahman Abd dkk. “Optimalisasi Perkembangan Emosional Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4, no. 2 (2023)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Siti Munawwaroh, Laila Iklima Panjaitan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




