Karakteristik Perkembangan Kognitif Peserta Didik

Kognitif, Anak, Pengembangan

Authors

  • Cindy Novita Sari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Lailatul Husna Al-Illahiyah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Juni Sahla Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan

Keywords:

Kognitif, Anak, Pengembangan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis karakteristik perkembangan kognitif pada anak usia SD/MI dengan menerapkan pengetahuan yang diperoleh sebelumnya kepengalaman dan situasi baru, dengan cara melakukan eksplorasi menggunakan indera terhadap benda yang diamati . Penelitian ini menggunakan studi literatur atau tinjauan pustaka. Kajian literature adalah desain penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan sumber data yang berkaitan dengan suatu topic. Kajian literature bertujuan mendeskripsikan konten pokok berdasarkan informasi yang didapat. Pada kajian literature tahapan penelitian dilakukan mulai dari pengumpulan artikel-artikel ilmiah, pembahasan dan kesimpulan. Sumber data penelitian berupa artikel-artikel jurnal nasional.  Hasil dari penelitian ini menunjukan karakteristik perkembangan kognitif anak dipengaruhi oleh faktor genetic, lingkungan keluarga, serta lingkungan tempat anak bergaul. Adapun tahap-tahap perkembangan kognitif anak yaitu Tahap 1: Sensorikmotororik (0-2 Tahun), Tahap 2: Pra Operasional (2-7 Tahun), Tahap 3: Konkrit Operasional (7-11 Tahun),  Tahap 4: Formal Operasional (11-Dewasa). Dengan demikian peran guru, orang tua serta lingkungan sangat penting bagi perkembangan kognitif anak.

References

Adriani, Nukeu. 2018. Pembelajaran Fiqh Di Madrasah Ibtidaiyah. Grou. Vol. 23529.

Alifah, Fitriani Nur. 2019. “Pengembangan Strategi Pembelajaran Afektif.” Tadrib 5 (1): 68–86. https://doi.org/10.19109/tadrib.v5i1.2587.

Aprilia, Tutut, Nanik Yuliati, and Senny Weyara Dienda Saputri. 2021. “Analisis Karakteristik Perkembangan Kognitif Anak Autis Usia 5-6 Tahun.” JECER (Journal Of Early Childhood Education And Research) 2 (2): 37. https://doi.org/10.19184/jecer.v2i2.18867.

Crystallography, X-ray Diffraction. 2016. 済無No Title No Title No Title.

Hikmawati, Nisrina. 2018. “Analisa Kesiapan Kognitif Siswa Sd/Mi.” Kariman 06 (01): 109–28.

Husain, Ahmad. 2014. “Hakikat Pengembangan.” Igarss 2014, no. 1: 1–5.

Marinda, Leny. 2020. “Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar.” An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman 13 (1): 116–52. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26.

Nazilatul Mifroh. 2020. “Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Di SD/MI.” Jurnal Pendidikan Tematik 1 (3): 253–63. https://siducat.org/index.php/jpt/article/view/144.

Nurussakinah Daulay. 2014. “Implementasi Tes Psikologi Dalam Bidang Pendidikan.” Jurnal Tarbiyah 21 (2): 402–21.

Wahyudi, Ahmad. 2020. “Memahami Intelektualitas Anak: Studi Atas Faktor-Faktor Penunjang Perkembangan Intelektual Anak Dan Implikasinya.” Jurnal Al-Fatih, 4–9.

Zega, Berkat Karunia. 2021. “Pengaruh Perkembangan Kognitif Pada Anak.” Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen) 3 (1): 17–24.

Downloads

Published

2023-12-29