Karakteristik Pertumbuhan Fisik dan Perkembangan Motorik Anak Usia Sekolah Dasar
Pertumbuhan Fisik, Perkembangan Motorik, Sekolah Dasar
Keywords:
Pertumbuhan Fisik, Perkembangan Motorik, Sekolah DasarAbstract
Perkembangan fisik adalah perkembangan yang berkaitan dengan tinggi dan berat, serta bentuk tubuh, juga perkembangan otak. Perkembangan motorik, berkaitan dengan keterampilan gerak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik pertumbuhan dan perkembangan motorik anak usia sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kajian literatur. Kajian literatur adalah desain penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan sumber data yang berkaitan dengan suatu topik. Pengumpulan data untuk kajian literatur dilakukan dengan alat pencarian database sebagai tahapan pencarian sumber literatur. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa karakteristik pertumbuhan fisik dan perkembangan motorik siswa berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Karakteristik perkembangan ini hendaknya dipahami oleh guru atau pendidik agar proses pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan tingkat dan ciri khas dari perkembangannya.
References
Ajhuri Fithri, Kayyis. 2019. Psikologi Perkembangan. Ponorogo: Penebar Media Pustaka.
Desmita. 2012. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Fitriani, Rohyana. 2018. “Perkembangan Fisik Motorik Dan Anak Usia Dini.” Jurnal Golden Age Hamzanwadi University 3 (1).
Hasanah, Uswatun. 2016. “Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini.” Pendidikan Anak 5 (1).
Hidayati, Ani. 2016. “Merangsang Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Dengan Pembelajaran Tematik Terpadu.” SAWWA 12 (1).
Istiqomah, Hascita, and Suyadi Suyadi. 2019. “Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Sekolah Dasar Dalam Proses Pembelajaran (Studi Kasus Di Sd Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta).” El Midad 11 (2): 155–68. https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i2.1900.
Mayar, Farida, and Yeni Astuti. 2021. “Peran Gizi Terhadap Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5 (3).
Murti, Tri. 2018. “Perkembangan Fisik Motorik Dan Perseptual Serta Implikasinya Pada Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” Wahana Sekolah Dasar 26 (1): 21–28. https://doi.org/10.17977/um035v26i12018p021.
Pangestu, Retno. 2013. Psikologi Perkembangan Anak Pendekatan Karakteristik Peserta Didik. Yogyakarta: BASOSBUD.
Puspita, Deska, Wina Calista, and Suyadi Suyadi. 2018. “Perkembangan Fisik-Motorik Siswa Usia Dasar: Masalah Dan Perkembangannya.” JIP Jurnal Ilmiah PGMI 4 (2): 170–82. https://doi.org/10.19109/jip.v4i2.2780.
Tursina, Ade, Rita Mahriza, and Agus Ramaida. 2022. “Tarian Ranup Lampuan: Meningkatkan Perkembangan Fisik Motorik Kasar Anak Usia Dini.” Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini 9 (2): 69–78.
Widodo, Zandra Dwanita, Eka Ahmad Malik P, and W Indarto. 2014. “Meningkatkan Potensi Gerak Kasar Anak Tunadaksa Ringan Melalui Pendekatan Bermain” 23 (1): 39–49.
Yusuf, Syamsu. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jelita Dwi Septya, Nurazmi Br. Siregar, Efrina Mora, Juni Sahla Nasution

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




