Pelaksanaan Rekrutmen Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah

Pelaksanaan, Peserta Didik, Rekrutmen

Authors

  • Jaka Amanar Mulia Akbar Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Febriyanti Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Zulkipli Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Keywords:

Pelaksanaan, Peserta Didik, Rekrutmen

Abstract

Pendidikan merupakan suatu proses penyiapan generasi untuk menjalankan kehidupan dan memenuhi tujuan hidup secara lebih efektif dan efisien sehingga diperlukan rekrutmen peserta didik baru guna menunjang berjalannya proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan rekrutmen peserta didik di MTs An-Nuur Palembang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan rekrutmen peserta didik di MTs An-Nuur Palembang berjalan cukup baik. Hasil peneliti dilihat dalam pelaksanaan rekrutmen peserta didik di MTs An-Nuur Palembang memperhatikan indikator dari pelaksanaan rekrutmen peserta didik yaitu adanya pengarahan, koordinasi, komunikasi dan motivasi dilihat dari adanya pembentukan panitia rekrutmen peserta didik, adanya analisis kebutuhan peserta didik, adanya pembuatan dan pemasangan pengumuman rekrutmen peserta didik baru yang dilakukan secara terbuka, adanya pendaftaran calon peserta didik, adanya pengarahan atau pemberian perintah dalam seleksi peserta didik, adanya penentuan peserta didik yang diterima, adanya pendaftaran ulang peserta didik. Adapun faktor pendukungnya yaitu adanya sarana dan prasarana yang memadai, memiliki guru yang    berkualitas dan lokasi madrasah yang cukup strategis. Adapun faktor penghambatnya yaitu terbatasnya daya tampung atau kuota penerimaan peserta didik baru adanya peserta didik yang hasil nilai tesnya, nilai DANEM dan kecakapannya sama dan mereka sama-sama berada pada batas bawah penerimaan. Dalam penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa pelaksanaan rekrutmen peserta didik di MTs An-Nuur Palembang ini cukup baik. Dengan adanya pemberian arahan, pemberian motivasi, dan berkoordinasi serta berkomunikasi yang baik agar terlaksananya tujuan secara efektif dan efesien.

References

Hasanah, S. N. (2020). Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan. Academia Publication.

Imron, A. (2019). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Bumi Aksara.

Kompri. (2018). Motivasi Pembelajaran Perspesktif Guru dan Siswa. PT Remaja Rosdakarya.

Mudyahardjo, R. (2018). Pengantar Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada.

Mulyadi, & Dkk. (2021). Dasar-Dasar Ilmu Manajemen. Dotplus Publisher.

Nizarman. (2017). Manajemen Penerimaan Siswa Baru. Jurnal Manajer Pendidikan, 9(2).

Parera, A. (2020). Dasar-dasar Manajemen. Bumi Aksara.

Ruyatnasih, Y., & Megawati, L. (2018). Pengantar Manajemen Teori, Fungsi dan Kasus Edisi 2. CV Absolute Media.

Sidik, M. (2018). Model Pembelajaran Menulis Deskrptif. Tunggal Mandiri Publishing.

Sitorus, R. M. T. (2020). Pengaruh Komunikasi Antar Pribadi Pimpinan Terhadap Motivasi Kerja. Scorpindo Media Pustaka.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Syam, S., Cecep, & Dkk. (2021). Pengantar Ilmu Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Syarif, R. (2018). Peningkatan Produktivitas Terpadu. Angkasa.

Tim Dosenn Administrasi Pendidikan. (2017). Manajemen Pendidikan. Alfabeta.

Downloads

Published

2023-11-12