Perencanaan Pembiayaan Sarana Prasarana Pondok Pesantren

Authors

  • Sri Devi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Febriyanti Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Zulkipli Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Abstract

Sekolah sebagai salah satu tempat penyelenggaraan pendidikan tentunya perlu memperhatikan beberapa komponen, diantaranya sarana prasarana, tenaga pendidik, kurikulum, pembiayaan, dan peserta didik, serta komponen lain yang terkait dengan penyelenggaraan pendidikan. Komponen-komponen tersebut sangat penting dan saling berpengaruh sehingga dapat memberikan kontribusinya terhadap pencapaian tujuan pendidikan.Tercapainya standar nasional pendidikan merupakan faktor penentu dalam pendidikan yang bermutu. Standar nasional pendidikan tersebut diantaranya ialah standar isi, proses, pendidik dan tenaga kependidikan, kompetensi lulusan, sarana dan prasarana, pembiayaan, pengelolaan dan penilaian. Perencanaan sangat membantu dalam menentukan tujuan dalam pencapaian pembiayaan di sekolah terkait dengan opersional pendidikan. Pada hakikatnya perencanaan merupakan proses dalam memulai berbagai tujuan, batasan strategi, kebijakan dan juga rencana yang sangat detail dalam mencapainya, pencapaian organisasi untuk menerapkan keputusan dan juga termasuk tinjauan kinerja dan juga umpan balik dalam hal pengenalan siklus rencana baru. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Perlu kita ketahui terlebih dahulu bahwa deskriptif adalah sebuah penulisan yang menggambarkan dengan kata-kata yang sesuai dengan kedaan yang sebenarnya sehingga dapat mempermudah bagi pembaca untuk memahaminya. Perencanaan merupakan langkah awal dalam mengidentifikasi segala kebutuhan organisasi (Strategi, tujuan dan tolak ukur) serta menentukan untuk apa, dimana, kapan dan berapa lama akan dilaksanakan dan bagaimana cara  dalam melaksanakan pengelolaan pembiayaan sara masna prasarana. Perencanaan pembiayaan ialah kegiatan merencanakan sumber dana untuk untuk menunjang kegiatan sarana prasarana pendidikan dan tercapainya tujuan atau sasaran yang hendak dicapai dan menetapkan jalan serta sumber-sumber yang diperlukan untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien dalam pendidikan.

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Cv. Syakir Media Press.

Annur, S. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Noer Fikri Offset.

Choir, A. (2019). Manajemen Entrepreneuship Pesantren. Penerbit Adab.

Fatimah. (2023). Wawancara Komite Bendahara Pondok Pesantren Nurul Iman Kabupaten Banyuasin.

Haidir, S. Dan. (2019). Penelitian Pendidikan. Kencana.

Hartini, L. (2023). Wawancara Staff Tata Usaha Pondok Pesantren Nurul Iman Kabupaten Banyuasin.

Iskandar. (2022). Metode Penelitian. Qiara Media.

Kholis, N. (2023). Paradigma Pendidikan Islam Dalam Undang-Undang Sidikna 2003. Jurnal Universitas Stain Purwoketo Dan Universitas Iainu Kebumen, 75.

Nurlaeli, A. (2023). Perencanaan Pembiayaan Berbasis Planning, Programming Budgeting System (Ppbs). Sekolah Islam Terpadu Anni’mah Bandung.

Pasaribu, A. (2017). Impelementai Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Pencapaian Tujuan Pendidikan Nasional Di Madrasah. Jurnal Universitas Ibnu Khaldun Bogor.

Rihal, S. (2023). Wawancara Kepala Sekolah Pondok Pesantren Nurul Iman Kabupaten Banyuasin.

Sidik, M. (2018). Model Pembelajaran Menulis Deskrptif. Tunggal Mandiri Publishing.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.

Downloads

Published

2023-10-22