Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru Sistem Zonasi
Pendidikan, Pelaksanaan, Penerimaan Peserta Didik Baru
Keywords:
Pendidikan, Pelaksanaan, Penerimaan Peserta Didik BaruAbstract
Pendidikan merupakan wadah untuk menambah ilmu dan Pendidikan sendiri dapat membuat proses perubahan terhadap sikap dan tingkah laku seseorang dalam upaya mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan, Namun karena terdapatnya sekolah unggulan atau favorit menyebabkan Siswa dan wali siswa berlomba-lomba ingin masuk ke sekolah favorit sehingga sekolah lain selalu kekurangan peserta didik termasuk SMP Negeri 5 Kasmaran ini satu tahun sekolah ini hanya memiliki 5-7 siswa per kelasnya sehingga pemerintah menerapkan zonasi dalam PPDB untuk setiap sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pelaksanaan penerimaan peserta didik baru jalur zonasi di SMP Negeri 5 Kasmaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskritif dan kuantitatif deskritif. Hasil dari penelitian ini adalah Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru dilaksanakan dengan cukup baik, melalui empat tahap yaitu Pengarahan, Koordinasi, Motivasi dan Komunikasi, Adapun Faktor pendukung dalam pelaksanaan PPDB jalur zonasi di SMP Negeri 5 Kasmaran berasal dari dalam diri kepanitian yang dengan sadar ingin mencapai hasil yang maksimal sehingga tumbuh rasa tanggung jawab, kerja keras, dan kekompakkan/koordinasi antar semua pihak terkait. Sedangkan untuk faktor penghambat yakni terkait jadwal pelaksanaan yang berbarengan dengan jadwal libur semester sehingga segala persiapan dan penyebaran informasi harus dilakukan secepat mungkin.
References
Adiwikarta, S. (2016). Sosiologi Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.
Darwis, A. (2017). Kapita Selekta Pendidikan. Ammpujari.
Djamali, R. A. (2017). Pengantar Hukum Indonesia. Raja Grafindo Persada.
Djunaedi, A., & Dkk. (2016). Peraturan Zonasi: Peran Dalam Pemanfaatan Ruang dan Pembangunan Kembali di Kawasan Bencana, Kasus: Arkadelphia City, Arkansas USA. Yuridika, 26(2).
Indrati, M. F. (2017). Ilmu Perundang-undangan (Fungsi dan Materi Muatan). PT Kansius.
Minarti, S. (2017). Manajemen Sekolah: Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri. Ar-Ruz Media.
Rahmah, E. (2018). Akses dan Layanan Masyarakat. Kencana.
Siyoto, S. (2015). Dasar Metodelogi Penelitian Kualitatif. Literasi Media Publishing.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Sukarna. (2018). Dasar-Dasar manajement. Mandar Mau.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nurjanah, Febriyanti, Zulkipli

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




