Pentingnya Keterampilan Menjelaskan Guru Dalam Pembelajaran

Guru, Keterampilan Menjelaskan, Pembelajaran

Authors

  • Jelita Dwi Septya Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Meilyani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Nopita Ramadhani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Siskawati Ziliwu Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan

Keywords:

Guru, Keterampilan Menjelaskan, Pembelajaran

Abstract

Pentingnya keterampilan menjelaskan guru tidak dapat diabaikan. Dalam artikel ini akan dikaji peran keterampilan penjelasan guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan, mendukung pengembangan siswa, dan memberikan landasan yang kokoh bagi kemajuan Pendidikan. Metode yang digunakan adalah kajian literatur atau tinjauan pustaka. Kajian literatur adalah desain penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan sumber data yang berkaitan dengan suatu topik. Kajian literatur bertujuan mendeskripsikan konten pokok berdasarkan informasi yang didapat. Keterampilan menjelaskan sangat penting untuk dikuasai karena keterampilan ini dapat memberikan kontribusi terhadap keberhasilan proses belajar mengajar. Kompetensi ini akan membantu guru dalam menunaikan tugas dan tanggung jawabnya sebagai guru serta berperan penting dalam mencapai tujuan pendidikan.

References

Akbar, Aulia. 2021. “Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru.” JPG: Jurnal Pendidikan Guru 2 (1): 23. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099.

Damanik, Rabukit. 2019. “Hubungan Kompetensi Guru Dengan Kinerja Guru.” Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan 8 (2). https://doi.org/10.37755/jsap.v8i2.170.

Dg. Mapata, Ulinsa, Andi Alfina Listya Ningrum, Tiolina Evi, Andi Wakiana Syaggaf, Muhammad Hasan. 2021. Pembelajaran Berbasis Riset. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Gumohung, Abd Marwandi, Usman Moonti, and Agil Bahsoan. 2021. “Pengaruh Keterampilan Menjelaskan Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Jambura Economic Education Journal 3 (1): 1–7. https://doi.org/10.37479/jeej.v3i1.8312.

Hamid, Abdul. 2017. “Guru Profesional.” Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan 17 (2): 274–85. https://doi.org/10.47732/alfalahjikk.v17i2.26.

Khasanah, Deni Indrawan, Lusiana, Dkk. 2022. Dinamika Konsep Dasar Model Pembelajaran. Batam: Yayasan Cendikia Mulia Mandiri.

Magdalena, Ina. 2020. Desain Pembelajaran SD: Teori Dan Praktik. Tangerang: CV Jejak.

Maya, Rahendra. 2017. “Esensi Guru Dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter.” Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam 2 (3): 281–96. http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/31.

Nurfidia Azhari, Dkk. 2020. Desain Pembelajaran Sekolah Dasar. Sukabumi: CV Jejak.

Nurhalisah, Nurhalisah. 2010. “Peranan Guru Dalam Pengelolaan Kelas.” Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 13 (2): 192–210. https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n2a6.

Putri, Benedicta Monica Anindya, Mudzanatun Mudzanatun, and Anggun Dwi Setya Putri. 2020. “Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pelaksanaan Keterampilan Dasar Mengajar Pada Pembelajaran Tematik.” Indonesian Journal Of Educational Research and Review 3 (1): 136–43.

Rismawaty, Sabar. 2022. Pendidikan Agama Kristen Terhadap Terbentuknya Nilai-NIlai Iman Kristiani. Sumatera Barat: CV. Azka Pustaka.

Setiawan, Andi M. 2017. Belajar Dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais inspirasi indonesia.

Suardi, Moh. 2018. Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Sundari, Fitri Siti, and Yuli Muliyawati. 2017. “Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Pgsd.” Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan 1 (1): 26–36. https://doi.org/10.33751/pedagog.v1i1.225.

Wahid, Abdul. 2023. Buku Ajar Konsep Dasar PKN Sd. Yogyakarta: Samudra Biru.

Wulandari, Yulia, Nina Kurniah, and Delrefi D. Delrefi D. 2019. “Kemampuan Guru Dalam Melaksanakan Keterampilan Menjelaskan (Di TK Witri 2 Kota Bengkulu).” Jurnal Ilmiah Potensia 3 (1): 49–53. https://doi.org/10.33369/jip.3.1.49-53.

Downloads

Published

2023-12-05