Perencanaan Dalam Pendidikan
Pendidikan, Perencanaan, Proses
Keywords:
Pendidikan, Perencanaan, ProsesAbstract
Perencanaan pendidikan dalam lembaga pendidikan masih jauh dari sempurna dan belum berjalan dengan baik. Hal ini disebabkan adanya kendala dalam proses perencanaan pendidikan diantaranya adalah rendahnya prasarana pendukung kegiatan belajar mengajar, rendahnya kualitas guru, rendahnya prestasi siswa, rendahnya pemerataan kesempatan pendidikan, relevansi rendah, kebutuhan pendidikan serta biaya pendidikan yang tinggi. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan penggunaan metode deskriptif yang bertujuan untuk membuat deskripsi secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, dan sifat-sifat populasi mengenai perencanaan dalam pendidikan. Apakah sekolah ataupun madrasah sudah menjalankan dengan baik beserta para personal di dalam sekolah tersebut atau hanya sebagai formalitas belaka. Perencanaan dalam pendidikan secara struktur dianggap berjalan dengan baik. Namun pada pelaksanaan tentunya memiliki beberapa kendala yang dialami oleh guru dan pelaksanaan perencanaan pendidikan.
References
Akhmad. (2020). “Perencanaan dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Era Globalisasi”. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol 2, no (2), hal 94-104.
Alauddin. (2020). “Kualitas Kegiatan Administrasi Peendidikan di Sekolah dan Hubungan dengan Pengawasan Profesional”. Kelola: Jurnal of Islamic Education Management, vol 5, no. (1), hal 49-56.
Eryanto, Henry & Marsofiyati. (2022). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: UNJ Press. Jaya, Farida. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Medan: UINSU.
Kurniawan, Agus, Khabibul Khoiri. (2022). Perencanaan Pendidikan. Lampung: CV. Agus Salim Press.
Kusuma, Nurhadi dkk. (2023). Transformasi Administrasi Pendidikan. Banten: PT Sada Kurnia Pustaka.
Mahidin. (2017). “Kajian Administrasi Pendidikan di Dunia Pendidikan”. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling, Vol. 7, no. (1).
Maryam, Siti dkk. (2021). “Analisis Pengelolaan Pembelajaran Sains pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas X Multimedia”. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 5, no. (3), hal 376-388.
Mayasari, Nanny, Moh. Miftahul Arifin, D. Purnomo, Dumiyati dkk. (2022). Perencanaan Pendidikan. Serang Banten: PT Sada Kurnia Pustaka.
Ngadi, Main dkk. (2020). “Perencanaan Pendidikan dalam Studi Al-Qur’an dan Hadits”. Jurnal Al-Himayah, Vol 4 (1), Hal 338-350.
Oupen, S.M dkk. (2020). “Kontribusi Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, Disiplin Kerja, dan Motivasi Kerja, Terhadap Komitmen Organisasional Guru SD”. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia Vol 11, no. (1) (32-41).
Pratama, Fidya Arie, Asep Deni Normansyah, Ismail Hasim, M. Eko Purwanto, Heri, dkk. (2022). Bunga Rampai Analisis Manajemen Pendidikan Teoritis dan Praktis. Cirebon: Yayasan Wiyata Bestari Samasta
Sucitasari, L.K. dkk. (2023). “Studi Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Ekonomi Berbantuan E-Learning di SMA Negeri 6 Denpasar”. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia vol 14, no. (1), (113-123).
Sudiarta, I.G. dkk. (2023). “Evaluasi Pelaksanaan Program Magang Guru Produktif Bersertifikat Industri pada SMK Pusat Keunggulan di Kota Denpasar”. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia Vol 14, no (1), 33-44.
Suryana. (2010). Metodologi Penelitian. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Usman, Husaini & Bunga Sari Fatmawati. (2019). Administrasi, Manajemen, dan Kepemimpinan Pendidikan: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dea Shintya Br Sebayang, Indah Sari Br Tambunan, Rika Natasya, Susanti, Makmur Syukri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




