Efektivitas Layanan Konseling Individu Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
Efektivitas Layanan, Konseling Individu, Motivasi Belajar
Keywords:
Efektivitas Layanan, Konseling Individu, Motivasi BelajarAbstract
Tingkat motivasi belajar siswa yang masih kurang merupakan penyebab kurangnya gairah dalam melakukan kegiatan belajar. Di sini guru BK berperan sangat penting dalam melakukan mengaarahkan dan membantu siswa yang bermasalah sesuai dengan permasalahan yang dihadapi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Kondisi motivasi belajar siswa di MTsN 2 Medan, 2) Pelaksanaan konseling individu di MTsN 2 Medan, 3) Keefektivan konseling individu dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII di MTsN 2 Medan. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan. Adapun metode untuk pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi untuk mendapatkan informasi yang diinginkan, kemudia dianalisis dan dideskripsikan dalam bentuk sebuah tulisan. Efektivitas dari konseling individu di MTsN 2 Medan secara keseluruhan sudah berjalan baik dan berhasil. Hal itu dilihat dari terpenuhinya indikator keberhasilan dari konsleing individu yang meliputi tidak adanya pengulangan masalha dari siswa yang telah mengikuti sesi konseling yang semulanya kurang minat dalam belajar menjadi giat dalam belajar.
References
Andiyani, J., (2018) “ Konsep Konsleling Individual dalam Progres Penyelesaian keluarga” Jurnal AT-Taujih, vol 1 (1), hlm 18
Fatchurrahman, M. (2017), “Problematika Pelaksanaan Konseling Individul”, Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3 (2), hlm 26
Hendra (2015), “Identifikasi Motivasi Belajar dan Faktor-Faktor yang Berkontribusi terhadap Keseriusan Belajar Siswa SMP Muhammadyiyah Kota Bima” Jurnal MIPA, Vol 3 (1), hlm 36
Laka, B,M., Burdam J, Kafiar, E., (2020), “ Role Of Parents in improving Geography Learning Motivation in Immanuel Agung Samofa High School” , Jurnal inovasi Penelitian, Vol 1 (2) hlm 70
Mahfud, A., Utaminingsih, D., (2018), “Meningkatkan Kualitas Minds-skill Konselor Islam dengan Menjaga Kondisi Hati” Jurnal Edukasi, vol 4 (2), hlm 124
Prihartanta, W. (2015). “Teori-teori Motivasi”, Jurnal Adabiyah, 1 (83), Hlm 4-5
Rahman, S., (2021), “Pentingnya Motivasi Beajar dalam Meningkatkan hasil Belajar” ISBN 978-623-98648-2-8, hlm : 290
Rambe, P., (2022), “Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19”, Jurnal Tsaqifa Nusantara, Vol 1 (2), hlm: 128
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rita Lestari, Mahidin, Makmur Syukri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.