Efektivitas Layanan Konseling Individu Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Efektivitas Layanan, Konseling Individu, Motivasi Belajar

Authors

  • Rita Lestari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Mahidin Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Makmur Syukri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan

Keywords:

Efektivitas Layanan, Konseling Individu, Motivasi Belajar

Abstract

Tingkat motivasi belajar siswa yang masih kurang merupakan penyebab kurangnya gairah dalam melakukan kegiatan belajar. Di sini guru BK berperan sangat penting dalam melakukan mengaarahkan dan membantu siswa yang bermasalah sesuai dengan permasalahan yang dihadapi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Kondisi motivasi belajar siswa di MTsN 2 Medan, 2) Pelaksanaan konseling individu di MTsN 2 Medan, 3) Keefektivan konseling individu dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII di MTsN 2 Medan. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan. Adapun metode untuk pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi untuk mendapatkan informasi yang diinginkan, kemudia dianalisis dan dideskripsikan dalam bentuk sebuah tulisan. Efektivitas dari konseling individu di MTsN 2 Medan secara keseluruhan sudah berjalan baik dan berhasil. Hal itu dilihat dari terpenuhinya indikator keberhasilan dari konsleing individu yang meliputi tidak adanya pengulangan masalha dari siswa yang telah mengikuti sesi konseling yang semulanya kurang minat dalam belajar menjadi giat dalam belajar.

References

Andiyani, J., (2018) “ Konsep Konsleling Individual dalam Progres Penyelesaian keluarga” Jurnal AT-Taujih, vol 1 (1), hlm 18

Fatchurrahman, M. (2017), “Problematika Pelaksanaan Konseling Individul”, Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3 (2), hlm 26

Hendra (2015), “Identifikasi Motivasi Belajar dan Faktor-Faktor yang Berkontribusi terhadap Keseriusan Belajar Siswa SMP Muhammadyiyah Kota Bima” Jurnal MIPA, Vol 3 (1), hlm 36

Laka, B,M., Burdam J, Kafiar, E., (2020), “ Role Of Parents in improving Geography Learning Motivation in Immanuel Agung Samofa High School” , Jurnal inovasi Penelitian, Vol 1 (2) hlm 70

Mahfud, A., Utaminingsih, D., (2018), “Meningkatkan Kualitas Minds-skill Konselor Islam dengan Menjaga Kondisi Hati” Jurnal Edukasi, vol 4 (2), hlm 124

Prihartanta, W. (2015). “Teori-teori Motivasi”, Jurnal Adabiyah, 1 (83), Hlm 4-5

Rahman, S., (2021), “Pentingnya Motivasi Beajar dalam Meningkatkan hasil Belajar” ISBN 978-623-98648-2-8, hlm : 290

Rambe, P., (2022), “Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19”, Jurnal Tsaqifa Nusantara, Vol 1 (2), hlm: 128

Downloads

Published

2024-01-12