Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesional Kependidikan Guru di Sekolah
Pendidikan, Kepala Sekolah, Profesional Guru.
Keywords:
Pendidikan, Kepala Sekolah, Profesional GuruAbstract
Penelitian ini mengkaji bagaimana kepala sekolah di sekolag SMP IT Nurul Fajar, dapat membantu guru menjadi lebih professional dalam kependidikan. Pendekatan kepemimpinan kepala sekolah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mencapai profesionalisme guru berfungsi sebagai kekuatan pendorong di balik penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk memastikan bagaimana kepala sekolah di SMP IT Nurul Fajar berkontribusi terhadap peningkatan profesionalisme guru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif penelitian single case study ini menggunakan jenis kajian practice oriented. Dengan pengambilan datanya menggunakan berbagai dokumen yang terdapat di tempat penelitian diantaranya melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Keterlibatan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme SMP IT Nurul Fajar melalui berbagai prosedur yang dilakukan kepala sekolah dengan demikian tercapainya peningkatan kompetensi guru yang professional. Hasil penelitian menemukan bahwa Peran kepemimpinan kepala sekolah SMP IT Nurul Fajarbisa dikatakan sudah baik, dengan dinuktikannya dari cara Kepala Sekolah mengikutsertakan guru-guru untuk mengikuti berbagai pelatihan atau seminar tentang pendidikan. Adapun cara lain yang dilakukan oleh Kepala Sekolah yaitu dengan memberdayakan tenaga kependidikan. Selain tenaga pendidik (guru) yang meningkatkan mutu sekolah, tenaga kependidikan pun diikutsertakan dalam setiap pelatihan-pelatihan. Upaya-upaya yang dilakukan Kepala Sekolah SMP IT Nurul Fajar untuk meningkatkan profesionalitas kependidikan guru yang sudah dilakukan secara maksimal. Upaya yang dilakukan yaitu dengan menyusun kegiatan-kegiatan pembelajaran semenarik mungkin dan menyenangkan, menyampaikan setiap tujuan kepada para tenaga pendidik dengan jelas, memberikan penghargaan atau reward kepada tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang berprestasi, memberikan penegasan dalam penugasan, berusaha memfasilitasi berbagai kebutuhan, menyediakan sumber belajar dengan cara pengembangan pusat pembelajaran, serta menyesuaikan gaya kepemimpinan dengan karakteristik guru yang ada di SMP IT Nurul Fajar.
References
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Asifudin, Ahmad Janan. (2010). Mengungkit Pilar-Pilar Pendidikan Islam : Tinjauan Filosofis. Yogyakarta: UIN Suka Press.
Asmani, J. M. (2012). Tips Menjadi Kepala Sekolah Profesiona. Jogjakarta: Diva Press.
Doni Juni Priansa. (2018). Kinerja dan Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta.
Euis Karwati dan Donni Juni Priansa. (2016). Kineja dan Profesionalisme Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta.
Fahmi, M. Z. (2017). Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Stabat. Medan: Fakultas Tartbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatra Utara Medan.
Inayati, N. Y. (2014). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah 3 Kaliwungu Dan SMP Muhammadiyah 6 Kendal Tahun Ajaran 2013/2014. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Masyhud, M. S. (2014). Manajemen Profesi Pendidikan. Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta.
Moelong, L. J. (2017). Metodelogi Penelaitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Piet, A. Sahertian, (2008), Profil Pendidikan Profesional. Yogyakarta: Andi Offset.
Rosada, Dede. (2017). Madrasah dan Profesionalisme Guru. Depok: Kencana. Sagala,
Syaiful. (2013). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Soewadji, Jusuf. (2012). Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendidikan Kualitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung : Alfabeta.
Syarbini, A. & J. J. (2013). Manajemen Madrasah Teori Strategi dan Implementasi. Bandung: Alabeta.
Wati, M. W. (2017). Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di MI Mamba’ul Huda Al-Islamiyah Ngabar Ponorogo. Ponorogo: Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Wiyani, N. A. (2019). Pengembangan Profesi Keguruan Pada Era Revolusi Industri 4.0. Yogyakarta: Gava Media.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Ibnu, Jainatin Halomoan Harahap, Elvina, Hadawiyanti Sinaga, Inom Nasution

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




