Pengorganisasian Program Gerakan Literasi Sekolah Dasar

Pengorganisasian, Program, Gerakan Literasi Sekolah

Authors

  • Nurazizah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Kris Setyaningsih Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Rabial Kanada Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Keywords:

Pengorganisasian, Program, Gerakan Literasi Sekolah

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai “Pengorganisasian Program Gerakan Literasi Sekolah di SD Negeri 157 Palembang”. Adapun tujuan penelitian ini adalah melihat pengorganisasian program gerakan literasi sekolah di SD Negeri 157 Palembang dan faktor-faktor pendukung dan penghambat pengorganisasian program gerakan literasi sekolah di SD Negeri 157 Palembang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi informan kunci ialah kepala sekolah, dan informan pendukung ialah kordinator GLS, kordinator perpustakaan dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengorganisasian program gerakan literasi sekolah di SD Negeri 157 Palembang sudah cukup baik, hal itu dilihat dari adanya pembuatan tujuan program, pemilihan kegiatan-kegiatan program, pembagian kegiatan-kegiatan program, pendelegasian wewenang program, penyusunan rincian peranan anggota, penentuan tipe organisasi program dan penyusunan struktur organisasi. Kemudian untuk program gerakan literasi sekolah di SD Negeri 157 Palembang ini ada 2 kegiatan yaitu kegiatan keagamaan dan juga kegiatan umum. Adapun faktor pendukungnya ialah sarana dan prasarana, bahan bacaan, dan guru mempunyai semangat belajar yang baik. Sedangkan faktor penghambatnya dilihat dari segi faktor internal siswa dan faktor eksternal siswa.

References

Amri, Syaiful. 2022. Pengantar Ilmu Manajemen. Seval Literindo Kreasi.

Annur, Saipul. 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan. Palembang: Noer Fikri Offset.

Balthasar. 2020. Menembus Badai Kepemimpinan. Makassar: CV Sah Media.

Muhammad, Hamid. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Muhammad, Fadhli. 2013. Manajemen Organisasi. Bandung: Ciptapustaka Media Perintis.

Morissan. 2008. Manajemen Public Relations. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mamik. 2015. Metodologi Kualitatif. Sidoarjo: Zifatama Publisher.

Pramono, Joko. 2021. Otomatisasi Tata Kelola Humas & Keprotokolan. Yogyakarta: Andi.

Ruth Silaen, Novia. 2021. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: CV. Widina Media Utama.

Sanjaya, Wina. 2015. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode, Dan Prosedur. Jakarta: Kencana.

Sobri. 2009. Pengelolaan Pendidikan. Jakarta: Multi Pressindo.

Ulum, Chazienul. 2016. Perilaku Organisasi Menuju Orientasi Pemberdayaan. Malang: UB Press.

Wijaya, Hengki. 2018. Analisis Data Kualitatif Ilmu Pendidikan Teologi. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Downloads

Published

2023-08-28