Upaya Guru Bimbingan Konseling dalam Membina Kedisiplinan Siswa

Guru Bimbingan Konseling, Kedisiplinan, Upaya

Authors

  • Nurul Syafitri Alwi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Mahidin Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ahmad Syarqawi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Keywords:

Guru Bimbingan Konseling, Kedisiplinan, Upaya

Abstract

Kedisiplinan sangat penting diterapkan dalam lembaga pendidikan sekolah untuk dilaksanakan bagi semua komponen-komponen yang ada di dalamnya, sehingga keberhasilan sekolah akan menuai hasil yang memuaskan. Kedisiplinan  berkenaan  dengan  kepatuhan  dan ketaatan    seseorang    atau    kelompok    orang terhadap norma-norma dan peraturan-peraturan yang  berlaku,  baik  yang  tertulis  maupun  yang tidak    tertulis.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru bimbingan konseling dalam membina kedisiplinan siswa dan bagaimana faktor pendukung serta penghambat dalam membina kedisiplinan siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, adapun hasil penelitian ini adalah: 1) Upaya guru bimbingan dan konseling dalam membina kedisiplinan siswa dengan memberikan hukuman, memberikan teguran, memberikan motivasi, memberikan layanan individu, kerja sama antar guru 2) Faktor pendukung dalam membina kedisiplinan siswa meliputi: kesadaran dari diri siswa sendiri, pengaruh lingkungan,  3) Faktor penghambat dalam membina kedisiplinan siswa meliputi: kebiasaan siswa yang sulit untuk diperbaiki, dan pengaruh lingkungan.

References

Darmawan, E. (2017). Kerjasama Bimbingan Konseling dan Orang Tua Siswa dalam Mengatasi Siswa yang Bolos Sekolah di SMAN 1 Kluet Timur Banda Aceh Selatan. Jurnal Pendidikan, 8.

Depdikbud. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Esmiati, A. N., Prihartanti, N., & Partini. (2020). Efektivitas Pelatihan Kesadaran Diri untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. 8(1), 85-95.

Harahap, J. Y., & Ambarita, R. (2018). Hubungan Lingkungan Sekolah dengan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Akrab Juara. 3(4), 167-176.

Harita, A., Laia, B., & Zagato, S. F. (2022). Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa SMP Negeri 3 Onolalu Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1-13.

Lubis, N. L. (2014). Memahami Dasar-Dasar Konseling dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Mardikarini, S., & Putri, L. C. (2020). Pemantauan Kedisiplinan Siswa Melalui Penetapan Indikator Perilaku Disiplin Siswa Kelas III. Jurnal Ilmiah Kontekstual. 2(1), 30-37.

Sagala. (2013). Manajemen Strategi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Wini. (2020). Peran Guru dalam Menangani Pelanggaran Disiplin Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 02 Tembilahan Kota. Jurnal Pendidikan. 1(1), 1-17.

Downloads

Published

2023-07-31