Pengaruh Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa
Bimbingan, Kelompok, Kemandirian Belajar
Keywords:
Bimbingan, Kelompok, Kemandirian BelajarAbstract
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini berkaitan dengan pengajaran kelompok, dimana siswa kurang belajar mandiri. Layananan yang ditawarkan dalam bimbingan konseling untuk meningkatkan ketergantungan belajar siswa adalah layanan konseling kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemandirian belajar dalam kehidupan sehari – hari khususny dilingkungan sekolah. Jumlah populasi 62 siswa dan yang menjadi sampel ialah 21 orang siswa dengan menggunakan Quota sampling.
Analisis data penelitian berupa uji korelasi, product moment, dan uji hipotesis. Dari perhitungan uji product moment diperoleh rhitung > dari rtabel, hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang dinilai rhitung sebesar 0,00086 dari nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan N=21 lebih besar dari pada nilai rtabel (0,0008 ≥ 0,456) sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diuji oleh peneliti telah teruji kebenarannya.
References
Daulay, N. (2021). Motivasi dan Kemandirian Belajar Pada Mahasiswa Baru. Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan , 23.
Fadila, S. N. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Membentuk Sikap Jujur Melalui Pembiasaan. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam , 167-178.
Indah Suci Ramadani, F. A. (2022). Implementasi Bimbingan Kelompok Dalam Upaya Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi , 1-12.
Ningsih, R. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 6 (1), 73-84.
Nugroho, P. W., & Maulana, M. A. (2021). Kemandirian Belajar Dalam Pebelajaran Jarak Jauh. Jurnal Bimbingan dan Konseling , 10-16.
Priyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif. Taman Sidoarjo: Zifatama Publishing.
Salohot Batubara, R. R. (2021). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas IX MTS N 28 Jakarta Pada Masa Pandemi. Jurnal Bimbingan dan Konseling , 8-16.
Sinaga, D. (2014). Buku Ajar Statistik Dasar. Jawa Timur: Uki Press.
Sunarti. (2023). Efektifitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Untuk Mengingkatkan Rasa Percaya Diri Peserta Didik Kelas X IPS 1 SMAN 1 Cikarangan. Jurnal Bimbingan dan Konseling , 318.
Wahyuddin. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Jurnal Inovasi BK, 2 (1), 26.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Siti Aisah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




