Konsep Dan Prinsip Belajar Pembelajaran Di MI

Konsep, Pembelajaran, Prinsip

Authors

  • Rodiatul Hasanah Lubis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Nurazmi Br Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Laila Iklima Panjaitan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Ummi Khoiriah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan

Keywords:

Konsep, Pembelajaran, Prinsip

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana konsep dan prinsip belajar dan pembelajara di mi/sd,penelitian ini menggunakan metode deskriptip kualitatif. Belajar dan pembelajaran merupakan dua konsep yang saling berhubungan dan tidak dapat dipisahkan. Keduanya merupakan aktivitas utama dalam pendidikan. Belajar dimaknai sebagai proses perubahan perilaku sebagai hasil interaksi individu dengan lingkungannya. Prinsip belajar merupakan landasan berpikir, landasan berpijak, dan sumber motivasi agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik antara pendidik dengan peserta didik. Salah satu tugas guru adalah mengajar. Kegiatan mengajar tidak dapat dilakukan sembarangan, tetapi harus menggunakan teori-teori dan prinsip-prinsip belajar tertentu agar bisa bertindak secara tepat. Oleh karenanya, guru maupun calon guru perlu untuk mempelajari teori dan prinsip-prinsip belajar sehingga dapat ia dapat merencanakan dan melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan baik. Dari hal di atas, dapat disimpulkan bahwa dalam proses belajar mengajar diperlukan konsep dan prinsip-prinsip belajar dan pembelajaran agar guru dapat mengoptimalkan seluruh potensi siswa sesuai dengan kebutuhannya sehingga para siswa dapat berperan aktif dalam proses pembelajaran dan dapat mencapai hasil yang diharapkan.

References

Ali, H. G. (2013). Prinsip-Prinsip Pembelajaran dan Implikasi Terhadap Pendidik dan Peserta Didik. Al Ta’dib, 6(1).

Dimyati, M. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.

Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1).

Mardicko, A. (2022). Belajar dan Pembelajaran. Pendidikan Dan Konseling, 4(4).

Radiusman. (2022). Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Pendidikan Matematika, 6(1).Abdul, A. (2013). Prinsip-Prinsip Belajar dan Pembelajaran. Istiqra: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, I(1), 29–30.

Dimyati, M. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.

Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1).

Sartika, S. B. (2022). Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. In Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. Widina Bhakti Persada Bandung. https://doi.org/10.21070/2022/978-623-464-043-4

Abdul, A. (2013). Prinsip-Prinsip Belajar dan Pembelajaran. Istiqra: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, I(1), 29–30.

Downloads

Published

2023-12-31