Pengaruh Penerapan Sistem Sistem Zonasi Terhadap Jumlah Peserta Didik
Jumlah Peserta Didik, Pengaruh Sistem, Sistem Zonasi
Keywords:
Jumlah Peserta Didik, Pengaruh Sistem, Sistem ZonasiAbstract
Skripsi ini berjudul “ Pengaruh Penerapan Sistem Zonasi Terhadap Jumlah Peserta Didik di SMP Negeri 3 Sembawa” adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh sistem zonasi terhadap jumlah peserta didik di SMP Negeri 3 Sembawa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji parsial (uji t) menggunakan SPSS 22. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik yang diterima melalui sistem zonasi dan panitia PPDB ang berjumlah 145. Jumlah sampel penelitian ini adalah 59 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan keperluan penelitian, artinya setiap individu yang diambil dari populasi dipilih sengaja berdasarkan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Sistem Zonasi di SMP Negeri 3 Sembawa dalam kategori sedang sebesar 73%, 2) Jumlah peserta didik di SMP Negeri 3 Sembawa dalam kategori sedang sebesar 59%, 3) terdapat adanya yang disignifikan antara sistem zonasi terhadap jumlah peserta didik di SMP Negeri 3 Sembawa dengan hasil uji t diperoleh sebesar 0,000 < 0,05. Selain itu diperoleh juga nilai thitung sebesar 64,875 > ttabel sebesar 2,002. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat adanya pengaruh antara sistem zonasi terhadap jumlah peserta didik.
References
Agus Erwin & Dyah Ratih. ( 2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Gava Media.
Arikunto Suharsimi. ( 2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Engkoswara, & Komariah, A. (2012). Administrasi Pendidikan. Alfabeta
Hasbullah Muhammad. (2015). Kebijakan Pendidikan Dalam Perspektif Teori, Aplikasi,dan Kondisi Objektif di Indonesia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Mantja, W. (2017). Profesionalisasi Tenaga Kependidikan, Manajemen Pendidikan, dan Supervisi Pengajaran. Elang Mas.
Mulyasa. (2017). Manajemen Berbasis sekolah. PT. Remaja Rosdakarya
Noor Juliansyah. ( 2011). Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.
Punarsih, & Ali, M. (2019). Zonation Effect on Entry Flows New Students in SMA Muhammadiyah (Muhammadiyah Senior High School) Surakarta. ISEEDU, 3(1).
Sugiyono. ( 2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Triwiyanto Teguh. (2014). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Choirun Niswah, Rabial Kanada, Wulan Puji Lestari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




