Implementasi Peraturan Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa
Disiplin, Implementasi, Peraturan Sekolah
Keywords:
Implementasi, Peraturan Sekolah, DisiplinAbstract
Hasil Observasi awal mengenai Implementasi peraturan sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTs Ilham Palembang bekaitan dengan strategi penerapan yang dilakukan oleh wakil kesiswaan dan guru berkaitan dengan peraturan sekolah untuk meningkatkan kedisiplinan di MTs Ilham Palembang. Mensosialisasikan peraturan kepada siswa, ialah suatu kegiatan untuk menyampaikan secara terbuka dan umum terhadap siswa mengenai peraturan apa saja yang telah dibuat secara terencana dan tersusun agar siswa mengetahui dan memahami maksud dari peraturan tersebut. Ketika ada perkumpulan Wakil kesiswaan atau guru menyampaikan peraturan / tata tertib kepapada siswa agas siswa tidak lupa atau teledor terhadap peraturan. Menjadi contoh dalam berdisiplin, yaitu dimana setiap tenaga pendidik harus memberikan contoh yang baik terhadap siswa, contohnya setiap tenaga pendidik harus datang tepat waktu. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan Kualitatif Deskriptif. Jika di lihat Hasil dari penelitian ini melalui wawancara dan dokumentasi yang diambil semua peraturan yang ada sudah berjalan dengan baik tentunya hal tersebut diiringi dengan pemahaman dan pengarahan yang berulang sehingga dengan jangka waktu yang panjang menghasilkan lingkungan yang taat akan peraturan. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Implementasi Peraturan Sekolah dalam Meningkatkan Kedisplinan Siswa di MTs Ilham Palembang, faktor pendukungnya yaitu kepimpinan yang kuat dan keterlibatan orang tua yang dapat menjadi lebih efektif dalam meningkatkan kedisplinan siswa .Selain faktor pendukung, juga mengalami ketrhambatan yang disebabkan dengan kurangnya konsistensi dalam aturan sehingga hal ini menyebabkan melemahnya implementasi peraturan sekolah dalam meningkatkan kedisplinan siswa di MTs Ilham Palembang.
References
Andrewho,(2019) Life Is Wonderful, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Moh. Mansyur Fawaid, (2017) Implementasi Tata Tertib Sekolah dalam Meningkatkan Karakter Kedisiplinan Siswa, (Jurnal Civic Hukum: Vol. 2, No. 1,)
Moleong, Lexy J. (2014). Metodologi Peneliitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sujoko Efferin dan Bone Soeherman, (2010) Seni Perang Sun Zi dan Sistem Pengadilan Manajemen, Jakarta: PT Elex Media komputindo
Rofi Akhmad, (2016) Kedisiplinan Siswa dalam Mengikuti Kegiatan Sekolah, Jurnal student, Vol. 5 No 15.
Sugiyono. (2018). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Shulhan, Muwahid.(2013).Metode Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam meningkatkanKinerja Guru, Yogyakarta: Sukses Offiset
Supardi. (2014). Kinerja Guru. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Supiana, dkk,(2019) Manajemen Peningkatan Karakter Disiplin Peserta Didik melalui Kegiatan Ekstrakurikuler, Jurnal Islamic Education Manajemen Vol. 4, No. 2
Wahjosumidjo. (2013). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Renika Cipta
Wibowo. (2013). Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Annisa Azzahra, Choirun Niswah, Rabial Kanada

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




