Keterampilan Mengelola Kelas Dan Disiplin Kelas

Keterampilan, Mengelola Kelas, Disiplin Kelas

Authors

  • Desi Rismayani Sinaga Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Fitri Kholilah Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Miftahul Husna Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Hamidah Sal’ati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan

Keywords:

Keterampilan, Mengelola Kelas, Disiplin Kelas

Abstract

Study kasus ini berjudul “Keterampilan Mengelola Dan Disiplin Kelas Di SDN 067257 Medan”. Adapun penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan guru agar menumbuhkan sikap disiplin yaitu keterampilan mengelola kelas study kasus di SD Ngeri 067257 Medan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif, sumber data dari data primer dan sekunder. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi dengan guru guru di SDN 067257 Medan. Tekhnik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, Verifikasi dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber, triangulasi tekhnik, triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa Sesuai dengan observasi dan wawancara yang telah dilakukan peneliti di SDN 067257 medan , keterampilan guru-guru disana sudah cukup baik dalam mengelola maupun disiplin kelas, strategi dilakukan yaitu dengan mengajak siswa melakukan ice breaking terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran  siswa langsung dengan sigap mempraktekannya melalui aba-aba guru. Hal ini juga akan membuat siswa yang malas belajar akan menjadi bersemangat, sehingga disiplin perbuatan dalam belajar dapat terjaga.

References

Annur, Saiful. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan (Analisis Data Kuantitatif dan Kualitatif), Palembang: Noer Fikri Offset

Djabidi.F. (2016). Manajemen Pengelolaan Kelas. Malang: Madani.

Djamrah, Syaiful Bahri & Zain, Aswan. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta :PT Rineka Cipta.

Gunawan.I. (2019). Manajemen Kelas Teori dan Aplikasinya.. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Hardanai, dkk., Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, (Yogyakarta : CV. Pustaka Ilmu, 2020)

Hidayatulloh, Anisa Nurul. 2017 “Pengaruh minat belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran kearsipan siswa kelas x kompetensi keahlian administrasi perkantoran Smk negeri 1 bantul”

Mulyasa, E. 2008. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2011. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Murniyetti, M., Engkizar, E., & Anwar, F. (2016) .Pola pelaksanaan pendidikan karakter terhadap siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, Volume 6 No 2.

Nurkhotijah, Fila. 2016. Keterampilan Guru Dalam Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Ali Bin Abi Thalib di MIN Purwokerto. Purwokerto: IAIN Purwokerto.

Sayidah, Nur. (2018). Metodologi Penelitian Disertai Dengan Contoh Penerapanya dalam penelitian. Zifatama Jawara.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Syaiful Bahri Djamarah. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Umrati, H. (2020). Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Sekolah Tinggi Teknologi jaffray

Downloads

Published

2023-12-24