Pelaksanaan Humas Dalam Mepromosikan Sekolah Di Sekolah Menengah Pertama Life Skill Teknologi Informatika Indo Global Mandiri Palembang

Humas, Pelaksanaan, Promosi

Authors

  • Parianti Fahira Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Leny Marlina Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Dian Safitri Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Keywords:

Humas, Pelaksanaan, Promosi

Abstract

Pelaksanaan humas dalam mempromosikan sekolah di Sekolah Menengah Pertama Life Skill Teknologi Informatika Indo Global Mandiri Palembang menunjukkan adanya pelaksanaan promosi yang diterapkan oleh humas dengan adanya faktor pendukung dan faktor penghambat. Tujuan penelitian ini (1) untuk menganalisa pelaksanaan humas dalam mempromosikan sekolah di Sekolah Menengah Pertama Life Skill Teknologi Informatika Indo Global Mandiri Palembang, dan (2) untuk menganalisa faktor yang mempengaruhi pelaksanaan humas dalam mempromosikan sekolah di Sekolah Menengah Pertama Life Skill Teknologi Informatika Indo Global Mandiri Palembang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dan menggunakan pendekatan deksriptif. Informan penelitian ini yaitu Waka Humas, Kepala Sekolah, dan Kepala Bidang Tata Usaha. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik menurut Lexy J. Moloeng yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Adapun triangulasi dalam penelitian ini menggunakan tiga cara yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan humas dalam mempromosikan sekolah di Sekolah Menengah Pertama Life Skill Teknologi Informatika Indo Global Mandiri Palembang menunjukkan (1) adanya koordinasi dalam melakukan periklanan, promosi penjualan, publikasi, dan personal selling (2) adanya motivasi dalam melakukan periklanan, promosi penjualan, publikasi, dan personal selling (3) adanya komunikasi dalam melakukan periklanan, promosi penjualan, publikasi, dan personal selling (4) adanya pengarahan dalam melakukan periklanan, promosi penjualan, publikasi, dan personal selling. Adapun faktor pendukungnya yaitu (1) faktor komunikasi, (2) faktor biaya, (3) faktor media informasi. Adapaun faktor penghambatnya yaitu (1) faktor feedback komunikan, (2) faktor persaingan.

References

Arbangi, Dakir, & Umiarso. (2016). Manajemen Mutu Pendidikan. Kencana.

Fiantika, F. R. (2022). Metodologi Penelitian Kualiatif. PT Global Eksekutif Teknologi.

Jailani. (2018). Kerangka Kerja Manajemen Humas Dalam Lembaga Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1).

Maryance, R. T., Ita, E., Nurmalina, Haris, I., Wahab, A., Sanjayanti, N. A., & Puspita, Y. (2021). Teori dan Aplikasi Manajemen Pendidikan. Yayasan Penerbit Muhammad Zain.

Melati. (2020). Manajemen Pemasaran. Deepublish.

Nasution, Z. (2016). Manajemen Humas di Lembaga Pendidikan: Konsep Fenomenan dan Aplikasinya. UMM Press.

Patiung, D. (2019). Strategi Manajemen Promosi dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik pada Satuan PAUD. Nanaeka: Indonesian Journal on Early Childchood Education, 2(2).

Purwanto, H. (2021). Public Relations Pendidikan Era Pandemi. Media Karya Surabaya.

Rahmad, A. (2021). Hubungan Sekolah dan Masyarakat. Zahir Publishing.

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.

Satriadi, Wanawir, Hendrayani, E., Siwiyanti, L., & Nursaidah. (2021). Manajemen Pemasaran. Penerbit Samudra Biru.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.); ke 3).

Sunaengsih, C. (2017). Buku Ajar Pengelolaan Pendidikan. UPI Sumedang.

Suwendra, I. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif Dalam Ilmu Sosial, Pendidikan Kebudayaam dan Keagamaan. Nilacakra.

Wijaya, D. (2016). Pemasaran Jasa Pendidikan. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-10-13