Startegi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan dan Tertulis Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia, Kemampuan Berbahasa, Lisan, Tulisan, Strategi Pembelajaran

Authors

  • Nursamsia Rambe Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rina Devianty Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Keywords:

Bahasa Indonesia, Kemampuan Berbahasa, Lisan, Tulisan, Strategi Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan agar proses pembelajaran dalam meningkatkan meningkatkan kemampuan Bahasa lisan dan tertulis  dapat memberikan hasil dan prestasi yang baik bagi generasi bangsa dan negara. Proses pembelajaran harus disertai dengan strategi belajar, strategi pembelajaran, serta strategi Startegi untuk meningkatakn kemampuan sesorang berbahasa lisan dan tertulis bahasa meliputi keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca dan keterampilan menulis. Semua aspek tersebut memberikan peranan penting dalam proses pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan bahasa. Dengan adanya strategi belajar dan pembelajaran diharapkan proses belajar maupun pembelajaran Bahasa dapat terlaksana dengan baik sehingga dapat meningkatkan keterampilan dalam berbahasa. Keterampilan berbahasa yang baik dapat mempermudah individu dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungan. Kemampuan berbahasa lisan dan tulisan merupakan dua aspek penting dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Untuk meningkatkan kemampuan berbahasa lisan dan tulisan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Melalui penerapan strategi-strategi ini, diharapkan siswa dapat mengembangkan kemampuan berkomunikasi secara efektif dalam bahasa Indonesia

References

Alviani, Puput, 2020 , Pendidikan Keterampilan Berbahasa Jakarta:Universitas Terbuka.

Dimyati, Mudjiono. 2018 . Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Huda, M. (2022). Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Bahasa. Jakarta: PT

Kusumaningrum, D. (2018). Strategi Belajar mengajar Bahasa Indonesia Bandung: Pustaka Setia

Mustafa, M. N., & Zulhafizh, Z. (2018). Isi dan Strategi Pengajaran Bahasa dan Sastra. Malang

Pers.Mudjito. (2021). Mengarang Bahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Raja Grafindo Persada.Sumarni, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Setiawan, A., & Wijayanto, A. (2020). Pendekatan Pembelakaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Subana, M. dan Sunarti. Tanpa tahun. Strategi Belajar mengajar Bahasa Indonesia Bandung: Pustaka Setia

Sugihastuti, S. (2018). Membaca dan Memahami Teks Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga

Istiyah. (2018 ). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa (Edisi Revisi). Bandung: Penerbit Angkasa.

Tarigan, H.G. (2020). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Downloads

Published

2024-05-28