PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MEMFASILITASI PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

Penulis

  • Amir Hamzah Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Norma Insani Purba Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Tria Mutiara Rizky3 Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Kata Kunci:

Kata Kunci: Peran Guru dan Orang Tua, Perkembangan Peserta didik

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran orang tua dan guru dalam memfasilitasi perkembangan peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa penelitian kepustakaan atau library research. Artinya dalam penelitian ini, peneliti mengumpulkan data melalui literatur tertulis atau sumber informasi lain dan berbagai data lain yang dapat mendukung penulisan artikel ini pada literatur. Sumber data utama  diambil dari teori-teori dalam buku, artikel, artikel  atau karya ilmiah lainnya  sesuai  kebutuhan penulis. Untuk bagian penulisan menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu konstruksi teori-teori yang telah diketahui menjadi penjelasan yang baru, ringkas dan lebih mudah dipahami. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran serta guru dan orang tua dalam memfasilitasi perkembangan peserta didik sangat besar. Orang tua dan guru harus bekerja sama dalam memfasilitasi perkembangan peserta didik agar dapat berkembang dengan sebagaimana mana mestinya.

Referensi

Amik Fajjin. 2016. Menuju Guru Dan Siswa Cerdas. Yogyakarta. Leutikaprio

Asmani, Jamal Ma’mun (2012). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Dalyono, M. 2007. Psikologi Pendidikan; Cet ke-1. Jakarta: Rineka Cipta

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja RosdaKarya

Hartono (2014) “Pendidik dan Peserta Didik dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam”, Jurnal Potensia, vol.13, Edisii1 Januari-Juni.

Hoerr, Thomas R. 2007. Buku Kerja Multiple Intelligences; Cetakan I. Bandung: PT Mizan Pustaka

Kelelufna, Vantri Pieter dan Agustinus Lia Masan. 2019. Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMA Pada Materi Gelombang Bunyi Menggunakan Strategi Multiple Intelligences. Sorong: Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan.

Majid, Abdul (2011). Perencanaan Pembelajaran; Mengembangkan Standar Kompetensi Pendidik. Cet. VII; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muhaimin (2009). Rekonstruksi Pendidikan Islam. Ed. I. Cet. I; Jakarta: Rajawali Pres

Sidjabat, S.B. 1993. Mengajar Secara Profesional. Bandung. Yayasan Kalam Hidup.

Suharsono.2004. Mencerdaskan Anak, Melejitkan Intelektual dan Spritual, Memperkaya Hasanah Batin, Kesalehan serta Kreativitas Anak (IQ, EQ dan SQ, Cetakan: ke-1. Depok: Inisiasi iress.

Tohari. Amin, 2020. Kreatifitas Masyarakat Lereng Gunung Kawi. Malang; Universitas Muhammadiyah Malang

Tohirin. 2007. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Zubaiedi (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kharisma Putera Utama.

Zulkifli. 2006. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja RosdaKarya.

Diterbitkan

2022-07-03