PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MEMFASILITASI PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
Kata Kunci:
Kata Kunci: Peran Guru dan Orang Tua, Perkembangan Peserta didikAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran orang tua dan guru dalam memfasilitasi perkembangan peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa penelitian kepustakaan atau library research. Artinya dalam penelitian ini, peneliti mengumpulkan data melalui literatur tertulis atau sumber informasi lain dan berbagai data lain yang dapat mendukung penulisan artikel ini pada literatur. Sumber data utama diambil dari teori-teori dalam buku, artikel, artikel atau karya ilmiah lainnya sesuai kebutuhan penulis. Untuk bagian penulisan menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu konstruksi teori-teori yang telah diketahui menjadi penjelasan yang baru, ringkas dan lebih mudah dipahami. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran serta guru dan orang tua dalam memfasilitasi perkembangan peserta didik sangat besar. Orang tua dan guru harus bekerja sama dalam memfasilitasi perkembangan peserta didik agar dapat berkembang dengan sebagaimana mana mestinya.
Referensi
Amik Fajjin. 2016. Menuju Guru Dan Siswa Cerdas. Yogyakarta. Leutikaprio
Asmani, Jamal Ma’mun (2012). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.
Dalyono, M. 2007. Psikologi Pendidikan; Cet ke-1. Jakarta: Rineka Cipta
Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja RosdaKarya
Hartono (2014) “Pendidik dan Peserta Didik dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam”, Jurnal Potensia, vol.13, Edisii1 Januari-Juni.
Hoerr, Thomas R. 2007. Buku Kerja Multiple Intelligences; Cetakan I. Bandung: PT Mizan Pustaka
Kelelufna, Vantri Pieter dan Agustinus Lia Masan. 2019. Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMA Pada Materi Gelombang Bunyi Menggunakan Strategi Multiple Intelligences. Sorong: Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan.
Majid, Abdul (2011). Perencanaan Pembelajaran; Mengembangkan Standar Kompetensi Pendidik. Cet. VII; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muhaimin (2009). Rekonstruksi Pendidikan Islam. Ed. I. Cet. I; Jakarta: Rajawali Pres
Sidjabat, S.B. 1993. Mengajar Secara Profesional. Bandung. Yayasan Kalam Hidup.
Suharsono.2004. Mencerdaskan Anak, Melejitkan Intelektual dan Spritual, Memperkaya Hasanah Batin, Kesalehan serta Kreativitas Anak (IQ, EQ dan SQ, Cetakan: ke-1. Depok: Inisiasi iress.
Tohari. Amin, 2020. Kreatifitas Masyarakat Lereng Gunung Kawi. Malang; Universitas Muhammadiyah Malang
Tohirin. 2007. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Zubaiedi (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kharisma Putera Utama.
Zulkifli. 2006. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja RosdaKarya.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Amir Hamzah Harahap, Norma Insani Purba, Tria Mutiara Rizky3

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.