PERAN HUKUMAN TERHADAP PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
Kata Kunci:
Kata Kunci : Peran hukuman, perkembangan peserta didikAbstrak
Setiap peserta didik mengalami perkembangan yang berbeda-beda. Perkembangan ini dipengaruhi beberapa faktor yang diantaranya yaitu faktor diri, kelurga dan lingkungan. Seorang anak akan merasa nyaman berada di lingkungan kelurga yang penuh kasih sayang akan mempengaruhi perkembangan yang baik bagi peserta didik. Hukuman berperan sebagai pengingat untuk berkembang ke arah yang lebih baik. Karena tidak semua anak memiliki proses perkembangan yang sama dan berada dalam lingkungan kelurga dan masyarakat yang sama. Tidak jarang perkembangan anak tidak sesuai dengan hukum perkembangnnya maka dari itu perlunya hukuman untuk dijadikan sebagai alat penghalang untuk ke arah yang tidak baik tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana hukuman itu berperan terhadap perkembangan peserta didik.
Referensi
AM Juhri. 2013. Landasan Wawasan Pendidikan: Suatu Pendekatan Kompetensi Guru. Metro: Lembaga Menelitian UM Metro
Apriastuti. 2013. “Analisis tingkat pendidikan dan pola asuh orang tua dengan perkembangan anak usia 48-60 bulan” Jurnal ilmiah kebidannan 4, no. 1
Bakar, Rosdiana A. 2015. Dasar-Dasar Pendidikan. Medan: CV. Gema Ihsani.
Daradjat, Zakiyah. 2012. Kepribadian Guru. Jakarta: Bulan Bintang.
Denim, Sudarman. 2010. Perkembangan Peserta didik. Bandung: Alfabeta
Elisyani, Rifda, 2020. Perkembangan belajar peserta didik. Malang: Literasi Nusantara
Kusuma, Doni. 2010. Pendidikan karakter: Di Zaman Keblinger. Jakarta: Grasindo
Mampuniarti, 2010. “perspektif humanis religius dalam perspektif inklusif” jurnal Pendidikan Khusus 3 no 2
Hyoscyamina, 2011. “Peran keluarga dalam membangun karakter anak” Jurnal Psikologi 4 no 3
Mighwar, Muhammad Al. 2006. Psikologis Remaja: Petunjuk bagi guru dan orang tua. Bandung: Pustaka setia.
Purwanto, Ngalim. 2006. Ilmu Pendudukan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosciakarya
Prasetiya, Benny. 2021. Metode Pendidikan Karakter Religius Paling Efektif di Sekolah. Malang: Academia publication
Rifa’i, Muhammad. 2018. Manajemen Peserta didik: Pengelolaan Peserta Didik Untuk Efektivitas Pembelajaran. Medan: CV Widya Puspita
Rosyid, Moh Zaiful. 2018. Reward & punishment Dalam Pendidikan. Malang: Literasi Nusantara.
Wibowo, Joko. 2020. Guru Idolaku. Kebumen: Guepedia
Wandani, Riza Kristina. 2020. Antologi Esai Karya Mahasiswa PGSD Universitas Kanjuruhan Malang. Malang: Bintang Pustaka Madani
Yani, Asep Ahmad, 2013. Pengaruh Hukuman terhadap Tingkah Laku Siswa. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Dinda Aulia Siregar, Nanda Andriani, Riska Arila

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.