PERAN HUKUMAN TERHADAP PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

Penulis

  • Dinda Aulia Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Nanda Andriani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Riska Arila Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Kata Kunci:

Kata Kunci : Peran hukuman, perkembangan peserta didik

Abstrak

Setiap peserta didik mengalami perkembangan yang berbeda-beda. Perkembangan ini dipengaruhi beberapa faktor yang diantaranya yaitu faktor diri, kelurga dan lingkungan. Seorang anak akan merasa nyaman berada di lingkungan kelurga yang penuh kasih sayang akan mempengaruhi perkembangan yang baik bagi peserta didik. Hukuman berperan sebagai pengingat untuk berkembang ke arah yang lebih baik. Karena tidak semua anak memiliki proses perkembangan yang sama dan berada dalam lingkungan kelurga dan masyarakat yang sama. Tidak jarang perkembangan anak tidak sesuai dengan hukum perkembangnnya maka dari itu perlunya hukuman untuk dijadikan sebagai alat penghalang untuk ke arah yang tidak baik tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana hukuman itu berperan terhadap perkembangan peserta didik.

Referensi

AM Juhri. 2013. Landasan Wawasan Pendidikan: Suatu Pendekatan Kompetensi Guru. Metro: Lembaga Menelitian UM Metro

Apriastuti. 2013. “Analisis tingkat pendidikan dan pola asuh orang tua dengan perkembangan anak usia 48-60 bulan” Jurnal ilmiah kebidannan 4, no. 1

Bakar, Rosdiana A. 2015. Dasar-Dasar Pendidikan. Medan: CV. Gema Ihsani.

Daradjat, Zakiyah. 2012. Kepribadian Guru. Jakarta: Bulan Bintang.

Denim, Sudarman. 2010. Perkembangan Peserta didik. Bandung: Alfabeta

Elisyani, Rifda, 2020. Perkembangan belajar peserta didik. Malang: Literasi Nusantara

Kusuma, Doni. 2010. Pendidikan karakter: Di Zaman Keblinger. Jakarta: Grasindo

Mampuniarti, 2010. “perspektif humanis religius dalam perspektif inklusif” jurnal Pendidikan Khusus 3 no 2

Hyoscyamina, 2011. “Peran keluarga dalam membangun karakter anak” Jurnal Psikologi 4 no 3

Mighwar, Muhammad Al. 2006. Psikologis Remaja: Petunjuk bagi guru dan orang tua. Bandung: Pustaka setia.

Purwanto, Ngalim. 2006. Ilmu Pendudukan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosciakarya

Prasetiya, Benny. 2021. Metode Pendidikan Karakter Religius Paling Efektif di Sekolah. Malang: Academia publication

Rifa’i, Muhammad. 2018. Manajemen Peserta didik: Pengelolaan Peserta Didik Untuk Efektivitas Pembelajaran. Medan: CV Widya Puspita

Rosyid, Moh Zaiful. 2018. Reward & punishment Dalam Pendidikan. Malang: Literasi Nusantara.

Wibowo, Joko. 2020. Guru Idolaku. Kebumen: Guepedia

Wandani, Riza Kristina. 2020. Antologi Esai Karya Mahasiswa PGSD Universitas Kanjuruhan Malang. Malang: Bintang Pustaka Madani

Yani, Asep Ahmad, 2013. Pengaruh Hukuman terhadap Tingkah Laku Siswa. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Diterbitkan

2022-07-03