KARAKTERISTIK TEORI-TEORI PEMBELAJARAN DALAM PROSES PENDIDIKAN
Kata Kunci:
Kata Kunci : Teori Belajar, Pendidikan, KarakteristikAbstrak
Beberapa aliran dalam teori belajar memiliki karakteristik yang berbeda-beda, ada yang menekankan pada “hasil” dari pada proses belajar. Salah satu contohnya aliran kognitif yang menekankan “proses” belajar. Aliran humanistik menekankan pada “isi” atau apa yang dipelajari. Aliran sibernetik menekankan pada “sistem informasi” yang dipelajari dan masih banyak beberapa teori yang mempunyai karakteristik tertentu sesuai jenis dan pengelompokannya. Perbedaan-perbedaan yang terdapat antara karakter berbagai teori belajar itu disebabkan karena perbedaan jenis-jenis belajar yang diselidiki. Belajar ada yang bertahap dan berkarakter rendah dan ada yang bertahap dan berkarakter tinggi; ada belajar yang bersifat skill atau keterampilan dan ada yang bersifat rasional. Jadi dalam hal menilai benar tidaknya pendapat-pendapat yang dikemukakan oleh berbagai teori belajar itu, kita harus memandangnya dari segi-segi karaktersitik tertentu yang sesuai dengan jenis-jenis belajar yang diselidikinya.
Referensi
A. Tabrani, Rusyan. 1992.Pendekatan dalam Proses Belajar Mengaja. Bandung, Remaja Rosdakarya.
Ahmad Sugandi. Teori Pembelajaran.2007. Semarang: UPT MKK UNNES
Alma Bukhori. Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta. 2009
B. Uno Hamzah. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. 2008 Jakarta: Bumi Aksara
Bruce, Joyce dan Mars Weil. 1986.Models of Teaching. New Jersey:Princeto-Hall.
Bruce, Joyce dan Mars Weil. Models of Teaching. New Jersey: Princeto. 1986
Bukhori, Alma. 2009.Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar.Bandung: Alfabeta.
Djaali. 2008.Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri, dkk. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rhineka Cipta.
Fera Andriyani. 2015. Teori Belajar Behavioristik dan Pandangan Islam tentang Behavioristik. (Jurnal Pendidikan dan Pranata Islam). Edisi 10 No. 2
Hamzah, B. Uno. 2008.Model Pembelajaran Menciptakan Proses BelajarMengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Moh. Uzer dan Setiwan Lilis. 1993.Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhaimin. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah.2004. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nana Syaodih. 2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Suryabrata, Sumadi. 2004.Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Usman,
Wina Sanjaya. Psikologi Belajar.2008. Jakarta: Rineka Cipta
Wina. 2008.Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Sumadinata,
Zulhammi. 2015. Teori Belajar Behavioristik dan Humanistik dalam Perspektif Pendidikan Islam. (Jurnal Darul Ilmi) Vol. 3 No. 1
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Desi Masyithah Sari, Herpiliyana Hasibuan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.