DAMPAK PENDEMI COVID-19 DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SDN 057186 PAMAH TAMBUNAN

Penulis

  • Masringgit Marwiyah Nst Poltek AMI Medan
  • Charisa Jupni Hadfina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Nanang Mardani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Yuliza Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Kata Kunci:

Kata kunci: dampak pendemi covid-19, pembelajaran, mata pelajaran, IPS, murid

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan adalah guna untuk mengetahui apa saja dampak pendemi covid-19 pada mata pelajaran disekolah dasar. Penelitian ini kami gunakan dengan metode penelitian observasi yang kami lakuakn dengan mengamati anak murid secara langsung saat proses pembelajaran berlangsung dikelas. dan juga mencari informasi  melalui guru-guru mata pelajaran disekolah dasar. Menurut guru-guru yang mengajar dampak pendemi guru ini memang snagat mempengaruhi sekali pada mata pelajaran yang diajarkan oleh. Lalu tujuan dari penilitian ini adalah agar bisa menjadi sebuah masukan atau sebuah referensi untuk membperbaiki masalah cara menyampaikan pembelajaran dimasa pendemi sekarang ini. Data yang didapatkan ialah hasil observasi dan wawancara secara langsung disekolah dan dalam melakukan penelitian ini tidak ada melakukan tes yang secara khusus tetapi dengan cara mengamati dengan baik dan cermat.  

 

Referensi

Ananda,Rusydi. 2019. Perencanaan Pembelajaran.Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Bahri, Djamrah Syaiful & Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Chusnul, Chotimah. 2018. Pradigma Baru Sistem Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hakim, Lukmanul. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Cv Wacana prima.

Harjanto. 1997. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Helmiati, 2012. Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Ibrahim, R., dan Syaodih, Nana S. 2010. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Johard, dkk. 2012. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Proyek PGSD Ditjen Depdikbud.

Monitorir, Rodame Napitupula. (2020). Dampak Pendemi Covid-19 Terhadap Kepuasan Pembelajaran Jarak Jauh, Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. 7(1). 23-33.

Muhamad Affandi, 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press.

Mukrimaa, 2014. Metode Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Bumi Siliwangi.

Nata, Abuddin. 2009. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Nurdyansyah, 2016. Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Prawiradilaga & Dewi Salma. 2007. Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Puspita, Ria Sari dkk. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19, Jurnal Ilmiah Pendidikan.2(1). 9-15.

Sanjaya, Wina. 2017. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta:Kencana.

Suciati, dkk. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sudjana, Nana. 2002. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suwarjo, dkk. 2018. Pengeloaan Sumber Belajar Masyarakat. Yogyakarta.

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Konstektual. Jakarta: Kencana, 2009.

Diterbitkan

2022-07-03