FASILITASI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGELOLAAN KELAS DI MTs PESANTREN DAARUL HIKMAH SEI ALIM HASAK KECAMATAN SEI DADAP KABUPATEN ASAHAN

Penulis

  • Irma Institut Agama Islam Daar Al Uluum (IAIDU) Asahan – Kisaran

Kata Kunci:

Kata Kunci: Peran, Guru PAI, Pengelolaan Kelas

Abstrak

Peran seorang guru dalam pengelolaan kelas sangat penting khususnya dalam menciptakan suasana pembelajaran yang menarik. Itu karena secara prinsip guru memegang dua masalah pokok yaitu pengajaran dan pengelolaan kelas. Dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran memfasilitasi, membimbing dan memotivasi guru Pendidikan Agama Islam dalam pengelolaan kelas di MTs Pesantren Daarul Hikmah Sei Alim Hasak Kecamatan Sei Dadap Kabupaten Asahan.

Untuk memperoleh data-data penelitian, digunakan metode kualitatif, dengan prosedur pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisa data dilakukan dengan cara mereduksi data, display data dan verification atau menarik kesimpulan.

Dalam penelitian ditemukan bahwa fasilitasi guru Pendidikan Agama Islam dalam pengelolaan kelas di MTs Pesantren Daarul Hikmah Sei Alim Hasak Kecamatan Sei Dadap Kabupaten Asahan berupa sumber belajar dan media pembelajaran yang telah disediakan oleh madrasah, serta di terapkan guru sesuai dengan kriteria materi yang ia ajarkan. Tujuannya adalah agar siswa lebih mudah memahami materi yang disampaikan. Fasilitasi ini telah dilakukan, namun perlu ditingkatkan dengan cara terampil dalam merancang dan mengorganisasikan berbagai jenis media pada saat mengelola pembelajaran di kelas. Bimbingan guru Pendidikan Agama Islam dalam pengelolaan kelas di MTs Pesantren Daarul Hikmah Sei Alim Hasak Kecamatan Sei Dadap Kabupaten Asahan berupa bimbingan belajar yang disesuaikan dengan kondisi masing-masing siswa, dan guru merencanakan pembelajaran sesuai dengan kondisi siswa di dalam perangkat pembelajarannya. Tujuannya adalah agar siswa merasa diperhatikan oleh guru.Motivasi guru Pendidikan Agama Islam dalam pengelolaan kelas di MTs Pesantren Daarul Hikmah Sei Alim Hasak Kecamatan Sei Dadap Kabupaten Asahan berupa pujian, nasehat dan humor dalam belajar

Sehubungan dengan hasil penelitian, diharapkan guru-guru khususnya guru Pendidikan Agama Islam disarankan untuk mempertahankan dan meningkatkan perannya di dalam pengelolaan kelas yang ada di MTs Pesantren Daarul Hikmah Sei Alim Hasak Kecamatan Sei Dadap Kabupaten Asahan. Dan kepala madrasah disarankan untuk mempertahankan serta meningkatkan faktor-faktor yang mendukung terciptanya pengelolaan kelas yang baik.

Referensi

Adi, Sugeng Susilo dkk, Peran Guru Dalam Mengelola Kelas yang di Gambarkan dalam Film Beyond The Blackboard Karya Jeff Bleckner, Edcomtect Journal, 2018, 3 (2), h. 114.

Da’i Imas Wati Saputri. “Keterampilan Pengelolaan Kelas Guru Pendidikan Agama Islam di Smk N 2 Purwokerto”, Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Purwokerto, 2016.

Darmansyah. Strategi Pembelajaran, Jakarta: Refika Aditama, 2020.

Depertemen Agama RI, al-Qur’an Karim Terjemahanya dan Tajwid Berwarna Disertai Tafsir Ringkas Ibnu Katsir, Jakarta: Jabal Raudhotul Jannah, 2009.

Fathurrohman Muhammad dan Sulistyorini, Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Teras, 2012.

Fatoni H.A Tafsir Tarbawi, Menyikap Tabir Ayat-ayat Pendidikan, Nusa Tenggara Barat: Forum Pemuda Aswaja, 2020.

Haidir & Salim. Strategi Pembelajaran, Medan: Perdana Publishing, 2014.

Liansari Vevy, Rahmania Sri Untari. Strategi Pembelajaran, Sidoarjo: Universitas Muhamadiyah Perss, 2020.

Majid Abdul. Perencanaan Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

Merdeka Belajar: dari Praktik MIKIR, Pertanyaan Kritis sampai Pengelolaan Kelas, Hasnah Faizah https://edukasi.kompas.com/read/2020/03/21 /220623071/merdeka-belajar-dari-praktik-mikir-pertanyaan-kritis-sampai-pengelolaan?page=all diunduh pada 4 Juni 2022, pukul 15:00 WIB.

Mu’awanah. Strategi Pembelajaran, Kediri: Stain Kediri Press, 2011.

Peran Guru PAI dalam Menangkal Paham Radikalisme di Sekolah-Afip Miftahul Basar, https://retizen.republika.co.id/posts/11829/peran-guru-pai-dalam-menangkal-paham-radikalisme-di-sekolah, diunduh pada 4 Desember 2021, pukul 22:35 WIB.

Rahmawati Elvia. Strategi Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Prestasi Belajar di SMA Negri 1 Kampak Trenggalek, Skripsi Fakultas Tarbiyah IAIN Tulungagung, 2018.

Sanjaya Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008.

Sari Mega Silvia. Pelaksaaan Pengelolaan Kelas di Madrasah Tsanawiyah Al- Falah III Jakarta Selatan, Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2018.

Suhardi, Syaiful Akhyar, Nur Rama Dona Husaini, Peran Tokoh Agama dalam Kegiatan Keagamaan di Desa Rawang Pasar V Kecamatan Rawang Panca Arga Kabupaten Asahan, bdurrauf Journal Of Islamic Studies (ARJIS), 2022, I, (2)

Syaodih Sukmadinata Nana. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Diterbitkan

2022-07-03