MANAJEMEN PEMBELAJARAN AL-QURAN DI MADRASAH TSANAWIYAH TERPADU MUTIARA HIKMAH HESSA PERLOMPONGAN KEC. AIR BATU, KABUPATEN ASAHAN

Penulis

  • Habibah Nur Hasriati Institut Agama Islam Daar Al Uluum (IAIDU) Asahan – Kisaran

Kata Kunci:

Kata Kunci: Manajemen, Pembelajaran, Alquran

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Perencanaan Pembelajaran Alquran di Madrasah Tsanawiyah Terpadu Mutiara Hikmah Hessa Perlompongan, Pengorganisasian Pembelajaran Alquran di Madrasah Tsanawiyah Terpadu Mutiara Hikmah Hessa Perlompongan, Pelaksanaan Pembelajaran Alquran di Madrasah Tsanawiyah Terpadu Mutiara Hikmah Hessa Perlompongan, dan Evaluasi Pembelajaran Alquran di Madrasah Tsanawiyah Terpadu Mutiara Hikmah Hessa Perlompongan.

Adapun jenis penelitian yang penulis gunakan adalah jenis penelitian kualitatif, teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi, analisa data dengan reduksi, penyajian dan kesimpulan data.

Adapun hasil temuan penelitian diantaranya adalah sebagai berikut, perencanaan pembelajaran Alquran di MTs Terpadu Mutiara Hikmah adalah dengan mempersiapkan perangkat pembelajaran sebelum melakukan proses pembelajaran di kelas oleh masing-masing guru meliputi kalender pendidikan, program tahunan, program semester, silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) serta kriteria ketuntasan minimal (KKM). Pengorganisasian pembelajaran Alquran dilakukan dengan melakukan musyawarah antar guru yang mengampu pelajaran Alquran seperti Tahfidz Quran dan Baca Tulis Quran. Secara umum pengorganisasian pembelajarannya dilakukan sendiri oleh guru sendiri dengan kondisi kelas, serta mengadakan kegiatan tambahan melalui ekstrakulikuler serta kegiatan pembiasaan dengan pembelajaran yang sama sebagai penguatan. Pelaksanaan pembelajaran Alquran dilaksanakan baik di jam pelajaran maupun di kegiatan ekstrakulikuler, dimana pelaksanaannya lebih menekankan pada metode pembelajaran secara klasikal atau bersama dengan memanfaatkan media pembelajaran yang telah disediakan oleh Madrasah seperti Alquran, laptop maupun speaker. Evaluasi Pembelajaran Alquran dilakukan dengan lisan, tulisan dan unjuk kemampuan membaca yang dilaksanakan harian, bulanan, tengah semester, dan semester. Salah satunya dengan mengadakan kegiatan pembiasaan setiap pekannya bagi siswa dan pembinaan bagi seluruh pendidik dan tenaga pendidikan yang ada di Madrasah tersebut.

Hasil penelitian di atas bahwa Manajemen Pembelajaran Alquran mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi direkomendasikan untuk menjadi contoh/rujukan bagi MTs lainnya baik di Kabupaten Asahan maupun MTs dimana saja berada.

Referensi

Amri, Sofan dan Muhammad Rohman. Manajemen Pendidikan, Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher, 2012.

An-Nawawi, Imam. al Minhaj Syarh Sahih Muslim bin al-Hujjaj (Syarah Syahih Muslim), Beirut: Darus Sunnah, t.t.

Asari, Hasan. Hadis-Hadis Pendidikan: Sebuah Penelusuran Akar-akar Ilmu Pendidikan Islam, Medan: Perdana Publishing, 2020.

Departemen Agama RI. Al-Quran dan Tafsirnya, Jakarta: Departemen Agama RI, 2008.

Katsir, Ibnu. Keajaiban dan Keistimewaan Al Qur’an, Jakarta: Pustaka Azzam, 2016.

Nidhom, Khoirun. Manajemen Pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an dalam Mencetak Generasi Qur’ani, Jurnal Tahdzibi, 2018, 3 (2).

Mulyasa,E. Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2003.

Purwanto, M. Ngalim. Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

R. Terry, George. Prinsip-prinsip Manajemen, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung: ALFABETA, 2012.

Rame (ed), Thofan. Perencanaan Pembelajaran SD/MI, t.t.p.: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2021.

Tim Penyusun. Pedoman Penulisan Proposal dan Skripsi, Kisaran: Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Daar Al Uluum Asahan-Kisaran 2021.

Wibowo,Kenny Agusto Arie. Implementasi Manajemen Pembelajaran, Surakarta: CV Kekata Group, 2021.

Diterbitkan

2022-07-03