Membangun Karakter Kepribadian Guru Muhammadiyah Dalam Prespektif Pendidikan Islam
Kata Kunci:
Karakter, Guru, Muhammadiyah, Presfektif IslamAbstrak
Penelitian ini mengeksplorasi upaya pembangunan karakter kepribadian guru-guru Muhammadiyah dalam konteks pendidikan Islam. Studi dilakukan dengan menggunakan Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan atau library research. Metode kepustakaan merupakan penelitian dengan melakukan pengumpulan data-data melalui data atau suatu karya yang isinya relevan dengan topik yang dibahas dalam penelitian ini.Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru-guru Muhammadiyah memandang pentingnya menjadi teladan dalam membentuk karakter siswa, dengan mengintegrasikan nilai-nilai Islam secara konsisten dalam kegiatan sehari-hari di sekolah. Namun, mereka juga menghadapi tantangan seperti tekanan untuk mencapai target akademik yang tinggi dan pengaruh lingkungan sekuler. Strategi inovatif, seperti penggunaan cerita-cerita moral dan kegiatan ekstrakurikuler, diidentifikasi sebagai upaya untuk mengatasi tantangan tersebut. Implikasi dari temuan ini adalah perlunya pengembangan profesional yang lebih baik bagi guru-guru Muhammadiyah dalam hal pendidikan karakter, serta kolaborasi yang lebih erat antara sekolah, keluarga, dan masyarakat dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung perkembangan karakter yang islami. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memperkuat pendidikan Islam di organisasi Muhammadiyah dengan menekankan pentingnya pembentukan karakter sebagai bagian integral dari pendidikan holistic
Referensi
Ajriahmuazimah, Windi Wahyuni, I., & Suyadi, S. (2022). Keteladanan Guru dalam Pembentukan Karakter Islami Anak usia Dini di PAUD IT Bunayya Pekanbaru. Generasi Emas, 5(2), 33–42. https://doi.org/10.25299/ge:jpiaud.2022.vol5(2).10642
Andriani, K. M., Wiranata, R. R. S., & Marvida, T. (2022). Integrasi Nilai-nilai Keislaman pada Pembelajaran IPA Pendidikan Dasar di Masa Pandemi Covid-19 The Integration of Islamic Values in Science Learning in …. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 29–39. https://scholar.archive.org/work/tsu6xblo45aezepcdis4gmboxe/access/wayback/http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/at-thulab/article/download/655/pdf
Bahri, A. S., Napsin, N., Abidin, Z., Gunawan, A., & Ali, M. I. (2023). Peran Muhammadiyah Dalam Mengembangkan Kompetensi Pedagogik Dan Kepribadian Guru. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 4373–4381.
Fahrudin, I. (2019). Kompetensi Kepribadian Pendidik Perspektif Pendidikan Islam. Progresiva : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 7(2), 130. https://doi.org/10.22219/progresiva.v7i2.13977
Herdiyanto, H., & Sriyanto, S. (2021). Kepribadian Guru Muhammadiyah (Telaah Buku PHIWM). Alhamra Jurnal Studi Islam, 1(2), 148. https://doi.org/10.30595/ajsi.v1i2.10135
Ismunandar. (2021). Pengembangan Pendidikan Islam Berkemajuan Perspektif Muhammadiyah. EDUSOSHUM: Journal of Islamic Education and Social Humanities, 1(1), 55–66. https://doi.org/10.52366/edusoshum.v1i1.12
Kadek, N., Kristini, A., Sukrawati, N. M., Luh, N., & Dewi, S. (2023). Pendidikan Multikultural dalam Upaya Membangun Toleransi Beragama Sejak Dini. Dharmasmrti Jurnal Ilmu Agama & Kebudayaan, 23(April), 85.
Kaharuddin, S. (2024). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Muhammadiyah. 1(3), 91–100.
Munawwaroh, A. (2019). Keteladanan Sebagai Metode Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 141. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.363
Pendidikan, P., Kemuhammadiyahan, A. D., Pembentukan, T., & Siswa, K. (2020). Pendidikan karakter Dalam Islam (Peran Pendidikan Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Terhadap Pembentukan Karakter Siswa). Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1–40.
Pewangi, M., & Nurhidayah, M. (2024). Peningkatan Kinerja Guru melalui Integrasi Nilai -Nilai Islam di SMA Muhammadiyah Limbung Kabupaten Gowa. 14(3), 341–358.
Rismawan, A., Ki, J., Dewantara, H., Iringmulyo, N., & Metro, K. (2023). KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM PERSPEKTIF BUYA HAMKA DAN UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA TENTANG GURU DAN DOSEN NOMOR 14 TAHUN 2005 Universitas Muhammadiyah Metro , Lampung , Indonesia Abstrak PROFETIK : Jurnal Mahasiswa Pendidikan Agama Islam PENDAHU. 4(1), 65–74.
Sasmita, R., & Arqam, M. L. (2022). Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Perpektif Muhammadiyah. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 21. https://doi.org/10.30659/jpai.5.1.21-31
Sebastian, W. (2021). Cerita Relief Lalitavistra Sebagai Sumber Belajar Pembelajaran Sejarah Indonesia Kuno. Jurnal Candi, i(2), 19–20.
Setiawati, A. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Keislaman dalam Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Http://Studentjournal.Iaincurup.Ac.Id/Index.Php/Guau/Article/View/1155, 3(5), 30–36. http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau/article/view/1155
Solihati, N., Hikmat, A., & Hidayatullah, S. (2022). Konsep Integrasi Al-Islam Kemuhammadiyahan Pada Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 59–69. https://doi.org/10.22236/imajeri.v5i1.9435
Sugiarto, A. J. (2023). Integritas Pendidikan Islam. 1(1), 26–31.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Sutisna, D., Indraswati, D., & Sobri, M. (2019). Keteladanan Guru sebagai Sarana Penerapan Pendidikan Karakter Siswa. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4(2), 29. https://doi.org/10.26737/jpdi.v4i2.1236
Sutiyan, O. S. J., Sutiyan, D. R. R. J., Adlin, A., Irawan, D., & Ardha, M. A. Al. (2023). Eksistensi Muhammadiyah Dalam Pengembangan Kompetensi Guru. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 21(2), 130. https://doi.org/10.29300/attalim.v21i2.8354
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dewi Roro, Syafiah Marawati, Nurul Azizah, Difa’ul Husna, Rachmaningtyas

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.