PENINGKATAN MAHARAH AL KITABAH MELALUI PENERAPAN MEDIA LAUHAH AL JUYUB PADA SISWA MTsN ACEH UTARA
Kata Kunci:
Al Kitabah, Media Lauhah Al Juyub, Peningkatan MaharahAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh penerapan media Lauhah Al Juyub dalam meningkatkan maharah al kitabah (keterampilan menulis) pada siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) di Aceh Utara. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-test post-test control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, masing-masing terdiri dari 30 siswa. Pada kelompok eksperimen, siswa diberikan pelatihan menggunakan media Lauhah Al Juyub dalam proses pembelajaran menulis. Pelatihan berlangsung selama delapan minggu dengan frekuensi dua kali dalam seminggu. Sementara itu, kelompok kontrol tetap mengikuti pembelajaran menulis konvensional tanpa penggunaan media tersebut. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test yang berfokus pada penilaian kualitas tulisan siswa berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji perbedaan mean antara skor pre-test dan post-test kedua kelompok.Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang efektivitas media Lauhah Al Juyub dalam meningkatkan kemampuan menulis bahasa Arab di kalangan siswa MTsN Aceh Utara. Implikasi dari penelitian ini adalah pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan inovatif dalam meningkatkan maharah al kitabah di lingkungan pendidikan Islam di Indonesia, khususnya di Aceh Utara.
Referensi
Alsaif, A., & Alhazmi, A. (2021). The Impact of Educational Technology on Learning Outcomes in Learning the Arabic Language. Journal of Educational Sciences, 6(2), 109-125.
Arianie, Ganesstri Padma dan Nia Budi Puspitasari. 2017. “Project Management Planning in Increasing the Efficiency and Effectiveness of Company Resources (Case Study: Qiscus Pte Ltd).” Jati Undip: Jurnal Teknik Industri 12(3), 180-191
Aryani, Rita. 2018. “Urgensi Manajemen Proyek Dalam Manajemen Pendidikan”.
Study and Accounting Research, 10(1), 94–100
Dimyati, Hamdan dan Kadar Nurjaman, Manajemen Proyek, Bandung: Purtaka Setia, 2014
Heryanto, Imam, Manajemen Proyek Berbasis Teknologi Informasi (Mengelola Proyek Secara Sistematis Menggunakan Microsoft Project), Bandung: Informatika Bandung, 2016
Kusuma, Yudha Adi,. Dika Restu Elyuda. (2022). “Pengaturan Siklus Hidup Proyek Rehabilitasi Prasarana Pendidikan Untuk Meminimalkan Keterlambatan Waktu Pengerjaan”. Jurnal Optimasi Teknik Industri. Vol. 4(2), 46-50
Mustofa, A., & Wardani, L. K. (2020). Development of E-Learning Media Based on Android for Improving Students' Writing Skills in Arabic Language. Al Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, 22(2), 279-295.
Perdana, Surya dan Arif Rahman. 2019. “Penerapan Manajemen Proyek Dengan Metode CPM (Critical Path Method) Pada Proyek Pembangunan SPBE.” Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3(1): 242–50.
Pinto, Jeffrey K. Project Management Achieving Competitive Advantage. London: Van Nostrand Reinhold, 2000
Pujiyono, Bambang. 2008. “Konsep Manajemen Proyek.” Manajemen Proyek, 2(1) 1- 42.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Aura Zammiya, Sonya Rizla Kusuma, Shakholid Nasution

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.