Penerapan Program Literasi Digital Alef Education Pada Guru Bahasa Arab

Penerapan, Literasi Digital, Alef Education

Penulis

  • Nadya Safira Fitri Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Sigit Hardiyanto Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Zulfahmi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Kata Kunci:

Penerapan, Literasi Digital, Alef Education

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana Program Literasi Digital Alef Education diterapkan pada Guru Bahasa Arab di MIN 6 Asahan. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif menggunakan studi kasus. Sumber utama penelitian ini adalah wawancara dengan guru atau guru bahasa arab di MIN 6 Asahan, baik secara langsung maupun secara online. Dalam aplikasi Alef Education, observasi berarti bergabung atau bergabung langsung ke dalam grup pembelajaran siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif adalah pendekatan penelitian yang bertujuan untuk memahami fenomena atau konteks secara mendalam. Informan dalam penelitian ini adalah guru bahasa Arab di MIN 6 Asahan, pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi perilaku, dokumentasi dengan para partisipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapa aplikasi alef education pada guru bahasa arab di MIN 6 Asahan memberikan konstribusi positif terhadap kemampuan pengajaran pada masa pandemi menggunakan beberapa fitur yang ada pada aplikasi alef education, yaitu fitur yang dianggap mudah untuk di jalankan, seperti fitur tugas, fitur  kelompok,fitur permainan, fitur analitik, dan quis. Penelitian ini memberikan wawasan bagi pengembangan pendidikan bahasa arab melalui integrasi teknologi digital dalam pembelajaran.

Referensi

Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika, 3(1), 123–133.

Ardianta, A., Rahmanita, H., & Ribut, G. (2022). Literasi Digital Dalam Penyebaran Infodemi Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Medan ( Studi Kasus Akun Instagram @ Medantalk ). Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2).

Herawati. (2022). Penerapan Model Blended Learning Berbasis Platform Alef Education pada Pembelajaran Matematika Herawati MTsN 9 Aceh Timur , Kementrian Agama Kabupaten Aceh Timur , Jurnal Dimensi Matematika Pendahuluan Pendidikan selalu hidup di dunia yang terus berubah d. Jurnal Dimensi Matematika, 05(02), 519–524. https://ejurnalunsam.id/index.php/JDM

Hidayat, F. P., Hardiyanto, S., Lubis, F. H., & Adhani, A. (2023). Kemampuan Literasi Media Sebagai Upaya Mengantisipasi Cybercrime Pada Remaja Di Kota Medan. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1), 13–25. https://doi.org/10.30596/ji.v7i1.12904

Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., Susilawati, I., & Tangerang, U. M. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303

Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital. Perspektif, 1(2), 195–202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32

Nurbiah, Syafi’i, A., & Fahril. (2023). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Alef Education Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematiks Tema Himpunan di MTs As’Adiyah Uloe. Aducandum, 9(1), 126–134.

Nurhalizar, S., Mardianto, M., & ... (2023). Gerakan Literasi Nasional Dalam Peningkatan Literasi Guru Pai. … Profesi Guru Pendidikan …, 2, 431–437. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/article/view/16898%0Ahttp://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/article/download/16898/7119

Nuryati, N., & Yuniawati, N. (2019). Peningkatan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Kelas SD Awal Usia 6-8 Tahun Melalui Metode Praktikum Membatik. As-Sibyan : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1–12. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/1959

Ramadhan, S., & Megawati, S. (2022). Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Dalam Meningkatkan kualitas Pendidikan Mahasiswa di Universitas Negeri Surabaya. Ejournal Unesa, Vol 11, 1581–1592.

Restianty, A. (2018). Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru Dalam Literasi Media. Gunahumas, 1(1), 72–87. https://doi.org/10.17509/ghm.v1i1.28380

Siregar, F. S., & Manurung, Y. H. (2022). Literasi Digital Sebagai Upaya Antisipasi Ujaran Kebencian di Media Sosial. Jurnal Komunikasi, 3(1).

Sugiyono. (2019). Metode Pendekatan Kuantitatif. Alfabeta.

Tampubolon, D. P. (2021). Perguruan Tinggi Bermutu: Paradigma Baru Manajemen Pendidikan Tinggi Menghadapi Tantangan Abad ke-21. PT. Gramedia Pustaka Ilmu, 1(4), 345–346.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-12