Upaya Meningkatkan Membaca Cepat Siswa Melalui Metode SAS (Structural Analytic Syntactic) Kelas III SD

Reading, Student, SAS

Penulis

  • Vani Fadila Sari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Asi Fitriani Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Putri Azzizah Panjaitan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Salsabila Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Erika Ulandari Br Sitepu Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Saputri Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Chairunnisa Amalia Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Kata Kunci:

Reading, Student, SAS

Abstrak

The aim of this research is to improve the ability to read quickly using the SAS (Structural Analytic Syntactic) method. This type of research is Classroom Action Research, with a type of classroom action research where the researcher collaborates with the Indonesian language study teacher on reading material and creates learning scenarios according to the SAS (Synthetic Analytical Structure) method. The data analysis technique used in this research is quantitative data. Based on the results of observations made, during cycle I there were 1 students who had completed or 4%, and as many as 24 students had not completed or 96%. The students' ability to manage the SAS (Synthetic Structural Analytical) Method in improving speed reading. Learning Cycle learning in cycle II has met the standards, where 24 students have met the score, and 1 other student has not met the score. The results of the gain calculation showed that the average for Cycle 1 was 61 and the average for Cycle II was 88. So the gain was 71.4%. This means that class III of SD Muhammadiyah 31 Medan experienced an increase in speed reading ability to the high category because it was at 71% -100%.

Referensi

Apriliyanti, S., Kurnia, M. D., & Hasanudin, C. (2022). Meningkatkan Kreativitas Siswa SMP dengan Menerapkan Model Pembelajaran Mind Mapping. 2(3).

Aulia, R. (2012). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Anak Tunarungu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1, 347–357.

Azizah, A., & Eliza, D. (2021). Pelaksanaan Metode Bermain Peran dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca dan Menulis pada Anak. Jurnal Basicedu, 5(2), 717–723. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.798

Dukungan, H., Terhadap, K., Pasien, M., & Stroke, P. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4, 1707–1715.

Elendiana, M. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 54–60. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.572

Harianto, E. (2020). “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.” Jurnal Didaktika, 9(1), 2.

Helwig, N. E., Hong, S., & Hsiao-wecksler, E. T. (n.d.). No Fokusnya adalah pada pengertian kesehatan, pusat rumah, lansia, dan indikator terkait kesehatan, analisis struktur ko-dispersi, Judul.

Khalijah, W. N., Jannah, M., Rehan, H. Z., Yohana, Y., & Yohani, Y. (2023). Peranan Metode Pembelajaran terhadap Minat dan Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadis. Al-Wasathiyah: Journal of Islamic Studies, 2(2), 267–278. https://doi.org/10.56672/alwasathiyah.v2i2.97

Kurnia, R. (2012). Konsepsi bermain dalam menumbuhkan kreativitas pada anak. Educhild, 01(1), 77–85.

Maimana, Nurhaswinda, & Syahrul Rizal M. (2021). Penerapan Metode Sas Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Edusmaspul, 5(2), 166–172.

Mulyati, S., & Sukmawijaya, A. A. (2013). Meningkatkan Kreativitas pada Anak. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 2(2), 124–129.

Mulyati, Y. (2009). Kecepatan Efektif Membaca: Apa, Mengapa, dan Bagaimana? Tanggal 1 s.d. 14 Oktober 2003 Di PPPG Bahasa Jakarta, 1, 1–11.

Nurani, H. I., Suhita, R., & Suryanto, E. (2017). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT DENGAN METODE SQ3R PADA SISWA SD. 20(1), 33–45. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v20i1.16594

Oktaviyanti, I., Amanatulah, D. A., Nurhasanah, N., & Novitasari, S. (2022). Analisis Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5589–5597. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2719

Patiung, D. (2016). Membaca Sebagai Sumber Pengembangan Intelektual. Al Daulah : Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 5(2), 352–376. https://doi.org/10.24252/ad.v5i2.4854

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Ratna Susanti. (2019). Penguasaan Kosa Kata Dan Kemampuan Membaca Bahasa. Academia, 01, 87–93.

Slamet, M. (2018). Meningkatkan Kemampuan Membaca Cepat Melalui Metode Latihan Di Kelas Viii a Smp Negeri 2 Darma. FON : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(2), 119–135. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v13i2.1547

Studi, P., & Bahasa, P. (2018). Pendahuluan. 2(1), 173–182.

Susiana, S. (2017). Problematika Pembelajaran PAI di SMKN 1 Turen. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2(1), 73–88. https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(1).648

Tantri, A. A. S. (2015). Cara Memaksimalkan Kemampuan Membaca Cepat. ACARYA PUSTAKA: Jurnal Ilmiah Perpustakaan Dan Informasi, 1(2), 10–27.

Tauhid, R. (2022). Implementasi Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) untuk Meninggkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Negeri 44 Halmahera Selatan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(20), 123–128.

Wardiyati, H. (2019). Penerapan Metode Sas (Struktural Analitik Sintetik) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas Rendah Di Sekolah Sasar. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(5), 1083–1091. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i5.7837

Yelvita, F. S. (2022). No Titleהכי קשה לראות את מה שבאמת לנגד העינים. הארץ, 8.5.2017, 2003–2005.

Yulyani, Y., Sukmana, E., Akbar, A., Sebelas, S., Sumedang, A., Bercerita, M., Belajar, A., Menyimak, K., Guru, P., & Dasar, S. (2022). PENERAPAN METODE BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas II SDN Parakanmuncang I Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang Tahun Pelajaran 2020/2021. Sebelas April Elementary Education (SAEE) ISSN, 1(1), 55–62.

Yuwanita, I., Dewi, H. I., & Wicaksono, D. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa. Instruksional, 1(2), 152. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.152-158

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-21