PERENCANAAN PROGRAM LINGKUNGAN HIDUP RAWANG LAMA DI MIN 2 ASAHAN

Penulis

  • Rindi Antika Institut Agama Islam Daar Al Uluum (IAIDU) Asahan – Kisaran
  • Trisandi Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Ilmi

Kata Kunci:

Kata Kunci: Manajemen, Lingkungan Hidup

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan program lingkungan hidup di MIN 2 Asahan Rawang Lama. Untuk mengetahui pengorganisasian program lingkungan hidup di MIN 2 Asahan Rawang Lama. Untuk mengetahui pelaksanaan program lingkungan hidup di MIN 2 Asahan Rawang Lama dAN untuk mengetahui pengawasan program lingkungan hidup di MIN 2 Asahan Rawang Lama.

Untuk memperoleh data-data penelitian, digunakan metode kualitatif, dengan prosedur pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisa data dilakukan dengan cara mereduksi data, display data dan verification atau menarik kesimpulan.

Temuan penelitian, perencanaan program lingkungan hidup di MIN 2 Asahan dilakukan dengan cara membentuk tim adiwiyata madrasah, menyusun kajian lingkungan madrasah, menyusun rencana aksi, melaksanakan kegiatan aksi lingkungan MIN 2 Asahan yang tertuang dalam dokumen 1 pengembangan kurikulum MIN 2 Asahan. Pengorganisasian program lingkungan hidup di MIN 2 Asahan dilakukan dengan membuat sebuah struktur yang memuat tugas dan tanggung jawab mengenai lingkungan hidup di MIN 2 Asahan. Pelaksanaan program lingkungan hidup di MIN 2 Asahan dilakukan dengan menanam pohon/penghijauan, pembuatan penampung air limbah, membuat karya-karya dari barang bekas, pengadaan bong untuk air besih di setiap halaman di depan kelas. Pelaksanaan ini mengacu pada dua prinsip dasar adiwiyata yakni prinsip partisipatif dan prinsip bekelanjutan. Pengawasan program lingkungan hidup di MIN 2 Asahan dilakukan melalui peninjauan langsung pelaksanaan program dengan harapan tujuan program lingkungan hidup dapat tercapai yaitu yakni timbulnya kesadaran siswa dalam menjaga lingkungan, bertambahnya pengetahuan siswa akan kondisi lingkungan hidup, sikap siswa semakin mencintai lingkungan dan mau menjaganya, keterampilan siswa dalam menjaga dan memanfaatkan lingkungan serta partisipasi siswa melalui tindakan-tindakan positif menjaga lingkungan madrasah.

Sehubungan dengan hasil penelitian, diharapkan kepala madrasah melakukan evaluasi program lingkungan hidup secara menyeluruh meliputi tiap-tiap komponen program. Guru lebih meningkatkan perannya meskipun dalam struktur tidak termasuk dalam jajaran petugas dan siswa lebih berperan sebagai pelaksana program dengan menjaga lingkungan madrasah dan di luar madrasah.

Referensi

Masalah Sikap Siswa terhadap Lingkungan Sekolah, https://www.matrapendidikan. com/2016/09/masalah-sikap-siswa-terhadap-lingkungan.html diunduh pada 5 Mei 2022, pukul 07:03 wib.

Masalah Lingkungan Sekolah, Kevin Kristanto, https://www.kompasiana.com/kevk/ 5f3cededd541df7bd8742ed3/masalah-lingkungan-sekolah diunduh pada 2 Mei 2022, pukul 13.15 wib.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.

Nawawi Imam. Terjemah Riyadhus Shalihin Jilid 2, Jakarta, Pustaka Amani, 1999.

Purwanto, M. Ngalim. Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

Sa’adah Nurul, Syahrial, Sumianto. Analisis Faktor Lingkungan Sekolah yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar, EDUMASPUL Jurnal Pendidikan, 2021, 5 (2).

Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI. Manajemen Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2009.

Tumiran, Manajemen Pendidikan dan Budaya Peradaban Bersih dalam Pembentukan Akhlak di Sekolah Dasar, Jurnal Sabilarrasyad 2017 II (02).

Diterbitkan

2022-07-03