Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Picture And Picture Di Kelas V SD
Study, Student, Picture And Picture, Method
Kata Kunci:
Study, Student, Picture And Picture, MethodAbstrak
The aim of this study is to improve the learning outcomes of fifth-grade students at SD Muhammadiyah 25 Medan through the utilization of the Picture and Picture method. The research conducted is Classroom Action Research (PTK) consisting of two cycles. The data was collected from student learning outcome tests and documentation. Qualitative analysis was used to analyze the data. The study showed an increase in mathematics learning outcomes for fifth-grade students at SD Muhammadiyah 21 Medan. Specifically, there was a percentage increase in student learning outcomes for each cycle.
Referensi
Ari Susanti, P., & Nyoman Kusmariyani, N. (2017). Penerapan Model Picture And Picture Berbasis PendekatanSaintifik Untuk Meningkatkan Hasil Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 99– 106.
Dewi, R. K., & Wardani, K. W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1066–1073. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.511
Komariyah, S., Fatmala, A., & Laili, N. (2018). Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 4(2), 55–60.
Kusumah, R. G. T. (2019). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa Tadris IPA Melalui Pendekatan Saintifik Pada Mata kuliah IPA Terpadu. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1),
https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1762
Lokat, Y. T., Bano, V. O., & Enda, R. R. H. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa. Binomial, 5(2), 126–135. https://doi.org/10.46918/bn.v5i2.1450
Luh, N., & Ekayani, P. (2021). Pentingnya penggunaan media siswa. Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, March, 1–16.
Ma’rifah, S. S. (2018). 'HELPER” Jurnal Bimbingan dan Konseling FKIP UNIPA. Jurnal Bimbingan Dan Konseling FKIP UNIPA, 35(1), 31–46.
Maulidasari, M., & Novianti, N. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas III Pada Konsep Pecahan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 3(2), 90–94.
Prihatiningsih, E., & Setyanigtyas, E. W. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Dan Model Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 1.
Puspasari, Q. K., & Setyaningsih, N. H. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Picture and Picture Dan Model Sugesti Imajinasi Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Pada Siswa Kelas Viii Smp. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 19–25. https://doi.org/10.15294/jpbsi.v9i1.27572
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.
Rata, N., & Kunci, K. (n.d.). Kelebihan Dan Kekurangan Picture and Picture. 3202.
Siswa, B. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Lingkungan Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture Di Kelas V SD Negeri 14 Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya. 9(11), 2130–2139.
Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 350–361.
Sulfemi, W. B., & Minati, H. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 3 Sd Menggunakan Model Picture and Picture Dan Media Gambar Seri. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 228.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Chairunnisa Amelia, Ajeng Ayu Sintianingsih, Maya Indah Sari Siregar, Nurhasibah, Nurliana Hakim Pulungan, Nurul Fauziah Umry, Putri Ayu Azhari

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.