Pendampingan Belajar Membaca Al-Qur’an Dengan Ilmu Tajwid Bagi Anak-Anak Didesa Kerapuh Kecamatan Dolok Masihul

Penulis

  • Annisa Fikria Hasibuan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Annizar M Sinulingga Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Muhammad Ilham Maulana Batubara Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Nurkhodijah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Muhammad Ainul Razaq Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Siti Aisyah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Kata Kunci:

Al-Qur’an, Ilmu Tajwid, Pendampingan

Abstrak

Masjid At-Taufiq merupakan sebuah masjid yang berada di Desa Kerapuh Kecamatan Dolok Masihul dan dijadikan sebagai tempat mengaji bagi mereka yang ingin belajar mengaji.Namun, terdapat masalah yang masih menjadi persoalan dalam hal membaca yaitu masih kurangnya menerapkan ilmu tajwid yang benar. Anak – anak yang mengaji hanya menerapkan pelafalan huruh hijaiyah tanpa menerapkan ilmu tajwid yang benar. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pembelajaran kepada anak–anak yang mengaji agar bacaannya sudah sesuai dengan ilmu tajwid. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif atau bersifat penggambaran secara kualitatif tentang penerapan ilmu tajwid dalam membaca Al-Qur’an. Hasil dari kegiatan evaluasi ini adalah semua anak-anak di Desa Kerapuh berhasil menerapkan hasil pembelajaran yang sudah di lakukan dengan penerapan mahrijul huruf serta hukum bacaan tajwid dengan baik yang di aplikasikan saat membaca Al-Qur’an.

Referensi

Nawawi, A. H. I. dan R. (2019). Tajwid Dan Implikasinya Terhadap Ilmu Qira’ah. QOF, 1(1), 14.

Nur Anita, Waslah, K. N (2020). Strategi Peningkatan Kualitas Membaca AlQur’an Dengan Pendekatan Ilmu Tajwid di Pondok Pesantren Al-Ihsan Kalijaring Jombang. Journal of Education and Management Studies, 3(2), 13–18.

Roisul, M. (2020). Hamalatul Qur’an : Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Qur’an. Ilmu-Ilmu Al- Qur’an, 1(1).

Rusfi, M. (2017). Ushul Fiqh II. Fakultas Syariah UIN Raden Intan Lampung.

Usmani, R. (2021). Pembelajaran Ilmu Tajwid Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al- Qur’an penelitian secara seksama agar memberikan manfaat yang sebesar-besarnya. 11(2), 100–123.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-16